Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPOR MAMIN: Brasil Minati Wafer Coklat Indonesia

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman mengungkapkan banyak peminat produk makanan dan minuman asal Indonesia di Amerika Latin
Wafer berbentuk tongkat./.Istimewa
Wafer berbentuk tongkat./.Istimewa

JAKARTA — Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman mengungkapkan banyak peminat produk makanan dan minuman asal Indonesia di Amerika Latin.

“Memang yang minat banyak tetapi yang masuk ke sana masih kecil,” ujar Adhi kepada Bisnis, Kamis (11/5/2017).

Adhi menjelaskan para pelaku usaha saat ini memiliki dua kendala utama yakni jarak dan bea masuk. Namun, dia mengungkapkan tarif yang dikenakan cukup tinggi di atas 25%.

Selain itu, menurutnya terdapat kendala jarak antara Indonesia dan negara Amerika Latin. Oleh karena itu, dia meminta peran aktif dari pemerintah.

“Perlu dilakukan perundingan government to government antara kedua negara terkait urusan bea masuk,” ujar Adhi.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menyatakan produk makanan asal Indonesia telah mencuri perhatian dipameran produk supermarket APAS Show 2017 pekan lalu di Expo Center Nortem, Sao Paulo, Brasil.

Wakil Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sao Paulo Hendro Jonathan mengungkapkan tiga produk Indonesia dilirik oleh negara Amerika Latin.

“Indonesia mencatat tiga prospek bagus dari buyer asal Brasil serta dari Uruguay, Paraguay, dan Bolivia untuk produk wafer rasa coklat, teh, dan kacang,” jelas Hendro.

Hendro mengatakan transaksi dengan para buyer asal Uruguay dan Venezuela segera ditindaklanjuti. Menurutnya, Brasil merupakan barometer di kawasan regional Amerika Latin.

“Keripik rasa buah rambutan, nangka, salak, dan apel buatan UKM diminati supermarket dan importir produk alami di Brasil. Meningkatnya tren gaya hidup sehat di Brasil menciptakan peluang bagi ekripik rasa buah asal Indonesia,” ungkap Hendro. 

APAS Show merupakan pameran produk supermarket yang diselenggarakan oleh Asosiasi Supermarket Sao Paulo. Pameran berlangsung pada 2-5 Mei 2017 dan menampilkan 700 perusahaan partisipan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper