Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PP Tata Ruang Bisa Kesampingkan RTRW Daerah

Langkah pemerintah dalam merampungkan sejumlah proyek strategis nasional semakin mudah seiring pengesahan revisi rencana tata ruang wilayah nasional.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 02 Mei 2017  |  22:17 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2). - Antara/Hafidz Mubarak A.
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2). - Antara/Hafidz Mubarak A.

Bisnis.com, JAKARTA — Langkah pemerintah dalam merampungkan sejumlah proyek strategis nasional semakin mudah seiring pengesahan revisi rencana tata ruang wilayah nasional.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofjan Djalil mengatakan Peraturan Pemerintah No. 13/2017 tentang perubahan PP No. 26/2008 tentang RTRW Nasional bisa mengesampingkan RTRW daerah atau provinsi. Terlebih, RTRW provinsi belum mengakomodir proyek strategis nasional.

Tujuannya, proyek strategis nasional baik yang sudah ada maupun akan datang bisa diakomodir kepentingannya," kata Sofjan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (2/5/2017).

Dia menambahkan sejumlah proyek yang akan diutamakan seperti kereta cepat, pelabuhan, jalan tol, hingga waduk. Apalagi pemerintahan saat ini ingin fokus pada pembangunan infrastruktur.

Kendati demikian, pembebasan lahan untuk kepentingan proyek strategis nasional relatif tidak terkendala. Adanya, Undang-undang No. 2/2012 tentang Pembebasan Lahan sangat membantu pembangunan selama memuat asas kepentingan umum.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembebasan lahan Proyek Strategis
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top