Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR: Wonogiri Potensi Kembangkan Buah

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan bahwa untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah, pemerintah perlu lebih memperhatikan masalah modal atau pembiayaan agar mereka tidak terjerat dengan rentenir.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 April 2017  |  13:13 WIB
DPR: Wonogiri Potensi Kembangkan Buah
Untuk Wonogiri ini misalnya, bisa mengembangkan buah-buahan tertentu agar dapat mengubah diri jadi daerah yang produk manufaktur, barang pertaniannya bisa tampil berdaya saing dengan pasar luar, tambahnya. - .petanihebat.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan bahwa untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah, pemerintah perlu lebih memperhatikan masalah modal atau pembiayaan agar para petani tidak terjerat dengan rentenir.

Menurutnya, pengembangan produksi pertanian menjadi penting guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat pedesaan. Akan tetapi, ujarnya, beberapa faktor yang harus mendapatkan perhatian. Salah satunya adalah masalah modal atau fasilitas pembiayaan bagi petani, ujarnya.

Dia mencontohkan di daerah pemilihannya Nusa Tenggara Barat (NTB). Di daerah itu masih banyak petani yang meminjam modal kepada rentenir dengan bunga pinjaman yang besarnya hingga 100% sehingga para petani sulit untuk berkembang.

“Masalah pembiayaan ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah, biar masyarakat petani tidak terjerat rentenir,” kata politisi PKS itu, Senin (10/4/2017).

Sebelumnya Fahri melakukan kunjungan ke Wonogiri untuk memberikan arahan di depan aparat pemerintah setempat. Dia berharap wilayah itu dapat menjadi daerah yang maju dengan produk pertanian andalannya masing-masing agar tidak bergantung kepada pemodal.

“Untuk Wonogiri ini misalnya, bisa mengembangkan buah-buahan tertentu agar dapat mengubah diri jadi daerah yang produk manufaktur, barang pertaniannya bisa tampil berdaya saing dengan pasar luar,” tambahnya.

Tidak kalah penting yang harus diperhatikan dalam pengembangkan produksi pertanian menurut adalah masalah pemasaran agar produksi pertanian dari masyarakat petani bisa dijual dengan harga yang tinggi, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fahri hamzah DPR
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top