Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nilai Tukar Petani Maret 2017 Turun 0,38%

Badan Pusat Statistik melaporkan Nilai Tukar Petani (NTP) nasional pada Maret 2017 berada di level 99,95 atau turun 0,38% dibanding NTP bulan sebelumnya.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 03 April 2017  |  13:26 WIB
Petani menyemprotkan pupuk cair ke tanaman padi di Kelurahan Renteng, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (23/3). - Antara/Ahmad Subaidi
Petani menyemprotkan pupuk cair ke tanaman padi di Kelurahan Renteng, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (23/3). - Antara/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, Jakarta—Badan Pusat Statistik melaporkan Nilai Tukar Petani (NTP) nasional pada Maret 2017 berada di level 99,95 atau turun 0,38% dibanding NTP bulan sebelumnya.

Penurunan disebabkan karena indeks harga yang dibayar petani turun sebesar 0,39%. Level tersebut menunjukkan daya tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi makin melemah.

Sementara itu, Indeks Konsumsi Rumah Tangga menunjukkan terjadinya deflasi sebesar 0,10% di perdesaan sepanjang Maret 2017. Penurunan indeks tertinggi terjadi pada kelompok bahan makanan sebesar 0,69%.

Berikut video konferensi pers mengenai Nilai Tukar Petani yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nilai tukar petani
Editor : Rachmad Subiyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top