Pasokan Listrik Jakarta Kembali Normal

Seluruh pasokan listrik ke wilayah Jakarta dan sebagian Tangerang telah kembali normal pada pukul 16.20 WIB pasca terjadi gangguan di pembangkit Muara Karang pada pukul 14.39 WIB.
Annisa Lestari Ciptaningtyas | 31 Maret 2017 01:23 WIB
Ilustrasi perawatan jaringan listrik PLN - Antara/Rony Muharrman
PLN untuk mengalihkan beban listrik (manuver) jaringan baik 150 kV maupun 20 kV ke jaringan lain yang bebannya tidak tinggi untuk memulihkan pasokan listrik.Paralel dengan pelaksanaan pemulihan di Unit Pembangkit Muara Karang, PLN memindahkan pasokan beberapa Trafo Gardu Induk Manuver sisi 150 kV.
 
Manuver juga dilakukan di sisi 20 kV memindahkan pasokan listrik ke penyulang lain baik penyulang cadangan (back up feeder) maupun penyulang lain yang berbeban ringan."Hal ini terbukti
mempercepat penormalan dan meminimalisir dampak pemadaman," kata Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Disjaya Aries Dwianto.
 
Seperti diketahui bahwa kelistrikan di Jakarta dipasok dari beberapa pembangkit dan sudah terhubung secara interkoneksi Jawa Bali. Sub sistem 150 kV dan Jaringan Distribusi 20 kV pun sudah terinterkoneksi, sehingga apabila terjadi gangguan di salah satu pembangkit dan terjadi pemadaman, listrik secara cepat bisa dialirkan kembali melalui sub sistem atau jaringan yang lain.

Tag : listrik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top