KKP dan 17 Pemda Berkomitmen Jaga Teluk Bone

Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama 17 pemerintah kabupaten/kota berkomitmen menjaga ekosistem dan kelestarian perairan Teluk Bone.
Sri Mas Sari | 21 Maret 2017 21:15 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama 17 pemerintah kabupaten/kota berkomitmen menjaga ekosistem dan kelestarian perairan Teluk Bone.

Komitmen itu dibentuk dalam Pertemuan Nasional Kerja Sama Ekonomi dan Konservasi Sumber Daya Laut–Pesisir di Kawasan Teluk Bone yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di sela kunjungan kerjanya ke Sulawesi Tenggara, Selasa (21/3/2017).

Mengutip siaran pers, Susi mengatakan keindahan Teluk Bone dapat menggerakkan roda perekonomian daerah sehingga ekosistemnya tidak boleh rusak.

“Saya ingin berpesan kepada seluruh kepala daerah yang ada di kawasan Teluk Bone, seluruh walikota dan bupati, jangan sampai lengah mengawasi perairan Teluk Bone," ujar Susi.

Susi mengatakan pertambangan maupun perkebunan yang berada di kawasan Teluk Bone sebaiknya tidak menghilangkan ciri khas budaya dan pergerakan ekonomi masyarakat di sekitar teluk yang berada di antara Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara itu.

“Apabila pemerintah daerah tidak mendukung ekonomi masyarakat, maka masyarakat akan terpinggirkan. Apalagi jika dikuasai oleh korporasi, maka masyarakat nanti akan jadi penonton saja. Karena yang kita inginkan adalah hidupnya ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Susi menyatakan Teluk Bone yang terlindung dari gempuran ombak samudera menjadikannya perairan yang membuat aneka ragam ikan betah berlama-lama di dalamnya. Dia berharap 17 kota/kabupaten lintas provinsi ini dapat mempertahankan kekuatan ekonomi masyarakat lokal.

“Saya melihat Sulawesi salah satu motor Indonesia dalam pertumbuhan PDB-nya (produk domestik bruto)," jelasnya.

Dalam kegiatan itu, ditandatangani pula nota kesepahaman antara Perum Perikanan Indonesia (Perindo), PT Perikanan Nusantara (Perinus), dengan 17 bupati/walikota sekawasan Teluk Bone dalam rangka pengelolaan kawasan Teluk Bone.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekosistem laut

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top