Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PANAMA PAPERS: Sebagian WP Sudah Ikut Tax Amnesty

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak terus memantau sejumlah Wajib Pajak (WP) yang namanya tercantum dalam daftar Panama Papers. n
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 13 Maret 2017  |  11:15 WIB
Papan nama Mossack Fonseca di Arango Orillac Building, Panama (3/4/2016). - Reuters/Carlos Jaso
Papan nama Mossack Fonseca di Arango Orillac Building, Panama (3/4/2016). - Reuters/Carlos Jaso

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak terus memantau sejumlah Wajib Pajak (WP) yang namanya tercantum dalam daftar Panama Papers.

Hestu Yoga Saksama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak memaparkan, dari sdekitar 1.038 yang teridentifikasi, sebagian besar WP tesebut telah mengikuti pengampunan pajak.

“Contohnya, kepemilikan saham sebuah bank nasional yang dilakukan stock crossing pada pertengahan November 2016 lalu, merupakan tindak lanjut repatriasi aset yang dilakukan WP yang ada dalam dokumen tersebut,” kata Yoga dalam pesan singkatnya kepada Bisnis, Senin (13/3/2017).

Kendati sebagian besar telah mengikuti amnesti pajak, namun Otoritas Pajak berharap semua harta WP yang disimpan di luar neger diikutkan dalam tax amnesty.

“Tentunya kami akan memantau terus nama dan data milik WP tersebut, untuk memastikan bahwa mereka mengikuti periode akhir pengampunan pajak,” imbuhnya.

Terlebih dengan rencana implementasi Automatic Exchange of Information (AEoI) pada 2018, pemerintah memastikan WP tidak lagi bisa menyembunyikan uangnya di luar negeri.

“Bagi kami, Ditjen Pajak akan mendapatkan data yang lebih akurat dan update mengenai investasi atau harta mereka di luar negeri,” jelasnya.

Adapun, tahun lalu sebuah laporan dari International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) mengungkap skandal perpajakan yang dilakukan oleh sejumlah mantan kepala negara, politisi, pengusaha, hingga keluarga pejanbat.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak waktu itu telah menemukan1.038 WP, dari jumlah tersebut 1.010 merupakan WP orang pribadi dan 28 WP Badan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Panama Papers
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top