Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbaikan Jembatan Cisomang Memasuki Tahap Akhir

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau perkembangan perbaikan Jembatan Cisomang yang berada di KM 100 +695 Jalan Tol Purwakarta Bandung Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat, Minggu Sore (12/3) untuk memastikan bahwa tahap akhir perbaikan Jembatan Cisomang berjalan baik sesuai rencana.
Jembatan Cisomang/setkab.go.id
Jembatan Cisomang/setkab.go.id

Bisnis.com, PURWAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau perkembangan perbaikan Jembatan Cisomang yang berada di KM 100 +695 Jalan Tol Purwakarta – Bandung – Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat, Minggu Sore (12/3) untuk memastikan bahwa tahap akhir perbaikan Jembatan Cisomang berjalan baik sesuai rencana.

Turut mendampingi Menteri Basuki Direktur Preservasi Jalan Hedy Rahadian dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Menteri Basuki menyatakan bahwa perbaikan Jembatan Cisomang kini sudah memasuki tahap akhir dan semua pekerjaan masih on-schedule.

"Pekerjaan yang tengah kita lakukan sudah sesuai dengan rencana. Insya Allah kita dapat selesaikan semua tanggal 31 Maret 2017 mendatang. Berdasarkan hasil pengukuran dan pengamatan di lapangan, pergerakan tanah sudah bisa dihentikan. Pilar P2 sudah stabil. Sedangkan pilar P1 sedang dalam penguatan akhir ,” terangnya seperti dikutip Senin (13/03).

Menteri Basuki menjelaskan bahwa selama ini pergerakan tanah, terutama yang terjadi di pilar-pilar jembatan terjadi karena fondasi terletak pada lapisan tanah lunak yang mudah bergerak bila terkena rembesan air.

"Kita sudah pasang 37 bored piles di sekitar pilar P2 dan 25 bored piles di sekeliling pilar P1. Selain itu ground anchor dan strutting baja sepanjang 30 meter antara P1 dan P2 juga sudah selesai, kini sedang dilakukan pekerjaan pembuatan selimut (jacketting) untuk penguatan akhir pilar P1," ungkap Menteri Basuki.

Pekerjaan pembuatan selimut pilar jembatan menggunakan teknologi _fiber reinforced pollymer_ setebal 25 cm. Selimut ini berfungsi untuk memperkuat struktur pilar. Selain itu tengah dilakukan pengurangan beban vertikal antara pilar P1 dan P0 dengan membuang tanah timbunan dengan volume 11.000 meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper