Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo II Siap Kelola Pelabuhan Patimban

Pelindo II menyatakan siap terlibat untuk mengelola dan membangun infrastruktur di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pelabuhan ini membutuhkaan dana hingga Rp43,22 triliun untuk proses pembangunannya.
Pelabuhan Patimban/ilustrasi
Pelabuhan Patimban/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pelindo II menyatakan siap terlibat untuk mengelola dan membangun infrastruktur di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pelabuhan ini membutuhkaan dana hingga Rp43,22 triliun untuk proses pembangunannya.

Direktur Utama PT Pelindo IPC, Elvyn G Masassya menyampaikan Pelindo II siap terlibat dalam pembangunan salah satu proyek strategis nasional tersebut.

“Pelindo II siap mengelola dan membangun infrastruktur di pelabuhan tersebut,” kata Elvyn melalui keterangan resmi, Senin (16/1). Kendati demikian, dia tidak merincikan rencana Pelindo II di pelabuhan tersebut.

Pelabuhan Patimban akan dibangun di dalam 3 tahap. Tahap konstruksi akan dimulai pada tahun 2018 dan soft opening pada 2019. Infrastuktur pelabuhan secara keseluruhan dapat rampung pada tahun 2027.

Jepang merupakan salah satu pihak yang kerap disebut-sebut dikabarkan akan memberikan pinjaman untuk pembangunan Pelabuhan Patimban. Keterlibatan Jepang dalam pembangunan pelabuhan Patimban semakin menguat dengan kedatangan PM Jepang, Shinzo Abe di Jakarta, kemarin.

“Presiden inginnya perusahaan pengusaha Indonesia masuk. Tapi terus terang saya belum tahu siapa yang potensial bisa masuk. Jangan Semua BUMN dong, harus ada swasta yang masuk” ungkap Luhut Binsar Panjaitan Kemenko Maritim di Hotel Fairmont, Minggu (15/1).

Luhut juga mengatakan sudah ada beberapa nama yang berpotensi mengelola pelabuhan ini bersama Pelindo II. Beberapa nama yang sudah sempat muncul adalah Astra dan Mitsubishi serta dua perusahaan lainnya asal Jepang yang telah menyatakan kesediaannya.

Proses pembangunan Pelabuhan Patimban saat ini sedang dalam tahap koordinasi pengurusan Rencana Tata Ruang dan Rencana Tata Wilayah (RTRW) kemudian baru dilanjutkan dengan pembebasan lahan.

“[Sekarang)] kan lagi ngurus tata ruang, Gubernur Jawa Barat sudah tanda tangan, kemudian menunggu AMDAL. Kalau sudah AMDAL tinggal melakukan pembebasan lahan,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper