Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek Tol Pemalang-Batang Tersendat, Menteri PU PR Tinjau Lokasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau langsung proyek jalan tol Pemalang-Batang di Pemalang Jawa Tengah, Sabtu (7/1).
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 07 Januari 2017  |  16:04 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau langsung proyek jalan tol Pemalang-Batang di Pemalang Jawa Tengah - Muhammad Khamdi/Bisnis
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau langsung proyek jalan tol Pemalang-Batang di Pemalang Jawa Tengah - Muhammad Khamdi/Bisnis

Bisnis.com, PEMALANG--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau langsung proyek jalan tol Pemalang-Batang di Pemalang Jawa Tengah, Sabtu (7/1).

Dalam paparan dari pelaksana proyek PT Pemalang-Batang Tol Road (PBTR), titik permasalahan terbagi tiga yakni pembebasan lahan, pekerjaan tanah dan pekerjaan struktur.

Perihal pembebasan lahan terdapat persoalan bahwa lahan yang sudah bebas belum sepenuhnya bisa dikerjakan. Hal ini berimbas pada jadwal pembebasan lahan meleset jauh dari target yang semestinya pada 25 Desember 2016 lahan sudah bebas 100%.

Masalah berikutnya, penanganan tanah lunak dan ekspansif belum keluar desain tipikal penanganan. Bahkan, material penanganan tanah (limstone, gegrid, pasir) sulit didapat.
Timbunan curah hujan tinggi menjadi salah satu faktor tersendatnya proyek jalan tol dengan panjang 39,19 kilometer.

Selain itu, pekerjaan struktur proyek di lokasi paket 4 sebagian besar.lahan belum bisa bebas.

"Makanya saya cek ke sini," ujarnya, Sabtu.

Dalam tinjauan tersebut, Menteri PU PR didampingi Kepala BPJT Hery Trisaputra Zuna, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani dan pejabat lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol pemalang batang Kementerian PUPR
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top