Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR NATRU 2017: Penumpang di Terminal Kampung Rambutan Anjlok

Penumpang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada liburan Natal 2016 dan tahun baru 2017 menurun drastis dibandingkan tahun lalu.
Terminal Bus Kampung Rambutan/Ilustrasi-Beritajakarta
Terminal Bus Kampung Rambutan/Ilustrasi-Beritajakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Penumpang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada liburan Natal 2016 dan tahun baru 2017 menurun drastis dibandingkan tahun lalu.

"Puncak arus penumpang pada 24 Desember 2015 sebanyak 8.238 orang. Adapun pada hari ini [Sabtu] hingga pukul 20.00 WIB adalah sekitar 2.000 penumpang," ujar Kepala Terminal AKAP Kampung Rambutan Emiral August, Sabtu (24/12/2016).

Penurunan penumpang, tutur dia, sudah terlihat sejak Jumat (23/12), yakni hanya sebanyak 2.567 penumpang yang berangkat, sementara pada tahun lalu terdapat 4.978 penumpang.

Emiral berpendapat penurunan penumpang terjadi karena adanya keterlambatan bus yang masuk ke Terminal Kampung Rambutan akibat jalanan macet saat liburan panjang ini.

Selain itu, menurut dia, adanya Tol Cipali juga mendorong penumpang berganti memanfaatkan kendaraan pribadi sehingga penumpang bus menurun. Menjelang libur panjang, dilakukan pengecekan bus di Terminal Kampung Rambutan sejak 13 Desember 2016 sampai 9 Januari 2017.

Ada pun selama 10 hari hingga Jumat (23/12) bus yang sudah dicek sebanyak 138 buah dan yang dinyatakan lolos cek sebanyak 67 bus.

Sebanyak 71 bus yang tidak lolos disebabkan ketiadaan lampu mudur, kotak P3K dan alat pemadam api ringan (APAR). Namun bus tersebut diperbolehkan melakukan perjalanan jika segera melengkapi hal-hal tersebut. "Yang tidak lolos bukan tidak layak. Kalau tidak layak langsung dikandangkan atau ditilang," ujar Emiral.

Selain pengecekan pihaknya juga melakukan tes kesehatan pada pengemudi untuk menentukan pengemudi boleh melanjutkan perjalanan atau tidak. Selama dua hari, sebanyak 31 pengemudi telah dicek dan hanya satu yang dinyatakan tidak sehat karena darah tinggi.

Dalam hari biasa, terminal yang memberangkatkan bus menuju kawasan di Jawa Tengah seperti Wonosobo, Kendal dan Pekalongan, Jawa Barat, antara lain Tasikmalaya dan Pangandaran, Sumatera Selatan dan Lampung itu memberangkatkan 400 penumppang per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper