Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Induk Tuntas, Desain Bandara Kertajati Berubah

Desain peruntukan kawasan aerocity Kertajati, Majalengka berubah setelah BUMD PT BIJB menuntaskan rencana induk alias masterplan tersebut.
Rencana induk Kertajati Aerocity/Ilustrasi-skycrapercity.com
Rencana induk Kertajati Aerocity/Ilustrasi-skycrapercity.com

Bisnis.com, BANDUNG - Desain peruntukan kawasan aerocity Kertajati, Majalengka, berubah setelah BUMD PT BIJB menuntaskan rencana induk alias masterplan tersebut. 

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas mengatakan pihaknya sudah menyerahkan masterplan aerocity Kertajati ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Masterplan ini rencananya menjadi acuan penting bagi perubahan RTRW Provinsi dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Majalengka. “Dokumen masterplan sudah resmi diserahkan ke Gubernur Jabar. Ini bagian dari proses perizinan RTRW dan RDTR,” katanya di Bandung, Selasa (20/12/2016).

Pihaknya mencatat ada sejumlah perubahan aerocity dalam masterplan tersebut, terutama luasan yang awalnya ditetapkan 3.200 hektar kini menjadi 3480 hektar.

Penambahan ini terjadi karena ada pengalihan sebagian area aerocity di Selatan Tol Cipali ruas Kertajati ke Utara. “Tadinya pada desain aerocity sebelumnya ada aero yang menyeberang tol, biar efektif semuanya di utara,” tuturnya.

Luasan ini dibagi menjadi enam klaster oleh PT BIJB, pertama aerospace park seluas 300 hektar yang diperuntukan untuk industri pesawat terbang.

Ada klaster logistic park, business center, klaster technopark, dan terakhir residensial. “Klaster belum dibagi slotnya, kita baru alokasi lahan saja. Block plan dan tenant yang mengisi di tahap selanjutnya,” ujarnya.

Klaster paling luas akan diambil oleh kawasan bisnis yang mencapai 600 hektar, untuk yang terkecil lahan seluas 100 hektar untuk pendukung kebandaraan seperti gardu listrik dan data center.

Virda berharap ajuan pihaknya bisa diakomodasi dalam RTRW dan RDTR agar bisa segera menggelar persiapan lanjutan. “Perizinan tuntas dulu, lalu kita desain anak perusahaan BIJB Real Estate yang akan menjual ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper