Jalur KA Trans Sulawesi Makassar-Pare-pare Bakal Dikaji Ulang

Menteri Perhubungan meminta pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi rute Makassar-Pare-pare dilakukan re-engineering dan value engineering terhadap model konstruksi jalur tersebut.
Yudi Supriyanto | 20 Desember 2016 17:13 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkunjung ke kantor Harian Bisnis Indonesia. - Bisnis/Hadijah Alaydrus S

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan meminta pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi rute Makassar-Pare-Pare dilakukan re-engineering dan value engineering terhadap model konstruksi jalur tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan re-engineering dan value engineering terhadap proyek pembangunan kereta api (KA) Trans Sulawesi rute Makassar-Pare-pare untuk mempercepat proses pembangunan.

"Contoh, adanya rel elevated [melayang] di atas sungai dalam rencana pembangunannya, itu kan per 1 KM nya bisa sekitar Rp500 milyar. Alangkah bagusnya kita bisa buat rel yang tidak elevated,” kata Budi, Jakarta, dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Bisnis pada Selasa (20/12/2016).

Selain itu, dia menambahkan, dirinya juga menginginkan adanya pengkajian dampak ekonomi sosial yang dirasakan masyarakat dari hasil pembangunan jalur KA trans Sulawesi rute Makassar-Pare-pare.

Dia mengatakan pemerintah akan menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) guna melakukan kajian mengenai dampak pembangunan KA Trans Sulawesi rute Makassar-Pare-pare terhadap masyarakat.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transportasi

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top