Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ANOMALI CUACA: Puluhan Hektare Sawah di Merauke Kekeringan

Puluhan hektare sawah di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, mengalami kekeringan setelah tidak ada hujan turun selama sebulan terakhir ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Desember 2016  |  11:48 WIB
Gagal panen akibat bencana kekeringan - Antara/Saiful Bahri
Gagal panen akibat bencana kekeringan - Antara/Saiful Bahri

Bisnis.com, MERAUKE - Puluhan hektare sawah di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua mengalami kekeringan setelah tidak ada hujan turun selama sebulan terakhir ini.

"Sebelum November curah hujan bagus sehingga petani semangat untuk tanam ke tiga kalinya, tapi sekarang tidak ada hujan dan sekitar 60 hektare sawah kering," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merauke Bambang Dwiatmoko di Merauke, Senin (5/12/2016).

Sistem irigasi pertanian di Merauke, menurut Bambang, sepenuhnya masih mengandalkan air hujan. "Sekarang Merauke belum diguyur hujan sehingga cadangan air habis dan tidak mampu memenuhi kebutuhan pertanian," katanya.

Petani padi di Merauke, katanya, berambisi untuk mendorong daerah itu sebagai lumbung pangan namun persoalan irigasi dan pupuk masih menjadi kendala rutin yang dihadapi. "Utamanya masalah pembangunan irigasi pertanian, pupuk hingga permodalan bagi petani," katanya.

Dia menambahkan petani Merauke merencanakan 2017 dapat menanam 49.700 hektare lahan padi dan jumlah itu meningkat dari 2016. "Rencana penambahan luas tanam 5.000 hektare di 2017 dan tersebar di sejumlah kampung," katanya.

Dengan penambahan luas lahan tanam itu, kata dia, produksi beras Merauke akan ikut meningkat namun untuk menyukseskan rencana itu diperluhkan dukungan semua pihak.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merauke sawah kekeringan

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top