Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenaker Dorong Revitalisasi BLK

Kementerian Ketenagakerjaan mendorong revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BKL).
Ilustrasi/blkcilegon.blogspot.com
Ilustrasi/blkcilegon.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Ketenagakerjaan mendorong revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BKL).Hal itu bertujuan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia dengan tenaga kerja asal negara lain.

 

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan di BKL bertujuan menyelaraskan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja dengan kebutuhan industri dan dunia usaha. Salah satu cara revitalisasi BLK ialah dengan meningkatkan fasilitas pendidikan sehingga sesuai dengan tuntutan zaman.

 

Saya berharap kelengkapan yang sudah ada terus di upgrade supaya tidak ketinggalan zaman, dan tentu yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri yang ada. BLK Kendari harus bisa menciptkana tenaga kerja yang mempunyai skill dan terampil” ujanrya dalam keterangan resmi, Senin (5/12/2016).

 

Adapun, data BPS mencatat angkatan kerja lulusan SD/SMP sebesar 60,24% dari angkatan kerja yang bekerja sebanyak 118,41 juta, sementara yang lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi secara berturut-turut adalah 27,52% dan 12,24%. Oleh sebab itu, pendidikan dan pelatihan vokasi sangat penting untuk menciptakan tenaga kerja terampil.

 

Hanif menuturkan pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan Vocational Training di Indonesia dalam rangka masifikasi tenaga kerja berkualitas. Menurutnya, tidak terbantahkan saat ini jika dunai kerja menuntuk seseorang yang memiliki keahlian khusus.

 

Pelatihan semacam ini harus sustainable,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper