Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELINDO IV: Tiga Direct Call Siap Meluncur Tahun Depan

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), badan usaha pelabuhan di kawasan timur Indonesia, tengah mengkaji pembukaan tiga direct call atau pengapalan langsung dari Maloy, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Jayapura, Papua tahun depan.
Saat ini, direct call sukses mengerek nilai ekspor Sulawesi Selatan menjadi Rp7 triliun dari sebelumnya Rp1,7 triliun. /Bisnis.com
Saat ini, direct call sukses mengerek nilai ekspor Sulawesi Selatan menjadi Rp7 triliun dari sebelumnya Rp1,7 triliun. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), badan usaha pelabuhan di kawasan timur Indonesia, tengah mengkaji pembukaan tiga direct call atau pengapalan langsung dari Maloy, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Jayapura, Papua tahun depan.

Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Budi Revianto mengatakan pihaknya tengah merayu perusahaan pelayaran yang melakukan ocean going untuk ambil bagian.

"Tidak mudah karena teman-teman pelayaran yang ocean going menentukan rutenya setahun sebelumnya," ungkapnya di Kementerian BUMN, Kamis (1/12/2016).

Dia menambahkan studi untuk tiga direct call tersebut baru dimulai. Menurutnya, studi yang dilakukan perusahaan ini adalah jaminan bagi perusahaan pelayaran untuk membuka pengapalan langsung dari tiga wilayah itu. 

Khusus untuk Maloy, pihaknya akan mendorong komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) sebagai ekspor bagi direct call. Untuk pengembangan muatan CPO, Pelindo IV akan menggandeng pemerintah provinsi. Adapun, produk CPO itu akan dipasok dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Maloy.

Selain Jayapura, Pelindo IV juga berencana membuka direct call Sorong. Namun, Pelindo IV butuh waktu untuk mengembangkan fasilitas pelabuhan di Sorong sebelum memutuskan studi dan pelaksanaan program tersebut.

Hingga akhir tahun ini, Pelindo IV baru merealisasikan direct call dari dua wilayah a.l. Makassar dan Bitung masing-masing dengan mengandeng pelayaran SITC dan Maersk Line.

Untuk direct call Bitung, program ini akan dijalankan pada Desember ini. Rencananya, peresmiannya dihadiri oleh Presiden RI.  "Mulainya Desember. Dulu Maersk Line karena market-nya tidak tumbuh, mereka keluar. Kini Maersk datang lagi dengan kapal lebih kecil. Itu diharapkan rutin," paparnya.

Budi menuturkan kontribusi direct call yang sudah dijalankan hampir setahun dari Makassar dengan kapal SITC terhadap pendapatan Pelindo IV tidak besar. Namun, program tersebut cukup berkelanjutan dan inovatif.

"[Kontribusi] Hitungan nol koma, tetapi buat daerah cukup besar pertumbuhannya. Kenapa karena ekspor dilakukan langsung dari wilayah masing-masing," ujarnya.

Saat ini, direct call sukses mengerek nilai ekspor Sulawesi Selatan menjadi Rp7 triliun dari sebelumnya Rp1,7 triliun. Alhasil, provinsi ini mencatatkan pertumbuhan ekonomi paling bagus se-Indonesia, yakni sampai 8%.

Walaupun tingkat keterisian kapal masih 20% untuk barang ekspor, dia mengungkapkan pertumbuhan muatannya meningkat sekitar 900% dari 10-20 kontainer pada pelayaran pertama hingga 200-300 kontainer per bulan saat ini.

"Makanya peran sebagai agent  of development, titipan Ibu Menteri kepada kami, kami laksanakan," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper