Lewat Kopdar Akbar, Bukalapak Ajak UKM Go Digital

Bukalapak pertama kali menyelenggarakan kopdar akbar di Jakarta, Senin (28/11).
Bukalapak kopdar/Azizah Nur Alfi
Bukalapak kopdar/Azizah Nur Alfi

Bisnis.com, JAKARTA - Bukalapak pertama kali menyelenggarakan Kopdar Akbar di Jakarta, Senin (28/11) kemarin. Kopdar Akbar merupakan acara puncak opdar komunitas yang biasanya diadakan di berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan Kopdar merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan oleh komunitas sebagai forum berbagi, memperkuat jaringan dan hubungan antar anggota dan Bukalapak, serta meningkatkan kapabilitas dan kapasitas komunitas. Saat ini Komunitas Bukalapak telah mencapai 80 komunitas yang tersebar di 75 kota di Indonesia.

Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky menuturkan melalui penyelenggaraan Kopdar Akbar ini untuk memberi kesempatan para komunitas dan pelapak untuk belajar dan berkembang bersama untuk menjalankan bisnis mereka di online marketplace. "Kopdar Akbar diselenggarakan untuk membantu para UKM dengan memberi motivasi yang lebih dalam bisnis mereka," tuturnya melalui siaran pers, Senin (28/11).

Direksi Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi, berharap para UKM bisa memanfaatkan platform digital seperti online marketplace sebagai salah satu wadah untuk pengembangan pemasaran.

Saat ini, UKM digital di Indonesia belum mencapai target yang maksimal. Masih banyak pelaku-pelaku bisnis dan para UKM yang belum memanfaatkan platform digital ataupun melek digital. 

"UKM Indonesia adalah tulang punggung bagi perekonomian Indonesia. Usaha pemerintah untuk Indonesia Negara Digital se-ASEAN pada tahun 2020 harus didukung UKM Indonesia. Namun secara berharap para UKM di Indonesia harus dapat terus semangat untuk mengembangkan pemasarannya dengan lebih kreatif," tuturnya.

Founder dan Pembina UKM Center Universitas Indonesia, Nining I Soesilo, menuturkan menjadi anggota komunitas dapat mendorong dan memberi motivasi yang lebih untuk pelaku UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper