Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bantu Kembangkan Produk UKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah terus berupaya membantu mengembangkan produk-produk UKM di seluruh Indonesia.
Kerajinan cukli NTB/Ilustrasi-lombok.panduanwisata.id
Kerajinan cukli NTB/Ilustrasi-lombok.panduanwisata.id

Bisnis.com, DENPASAR--Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah terus berupaya membantu mengembangkan produk-produk UKM di seluruh Indonesia.

Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran Kemenkop UKM, mengatakan kegiatan pengembangan produk tersebut dilakukan baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan mengikuti event-event berskala lokal, nasional, maupun internasional.

“Dengan mengikuti event atau pameran, bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk agar lebih dikenal lebih luas lagi, dan juga dapat membantu memasarkan produk,” ungkapnya saat ditemui di Denpasar usai pembukaan  Bali IKM/UKM dan Industri Kreatif Expo di Bali Creative Industry Centre (BCIC) Denpasar, Kamis (17/11/2016).

Untuk pameran yang dilakukan di luar negeri, pihaknya pun menyasar beberapa tujuan seperti Asean, Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika guna sekaligus meningkatkan produk UKM yang telah diekspor.

“Hal tersebut sebagai salah satu bentuk bantuan kami kepada UKM guna mempromosikan produk-produknya di luar negeri. Bahkan kami pun melakukan kurasi terlebih dahulu sebelum keberangkatan dengan para tim kurasi seperti tenaga ahli kami,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga terus meningkatkan daya saing produk UKM Indonesia dalam menghadapi era MEA ini melalui berbagai kegiatan peningkatan mutu, pemberian sertifikasi dengan pemberian hak cipta sehingga produk tersebut siap memasuki pasar global.

“Fokus pemasaran kami tahun depan adalah dengan promosi dalam dan luar negeri, dimana di dalam negeri sekitar 800 UKM kami promosikan, dan di luar negeri ada 100 UKM yang kami targetkan. Untuk negara tujuan masih kami diskusikan mana saja yang sangat berpotensi untuk meningkatkan ekspor,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper