Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honeywell Tingkatkan Produktivitas Kilang Minyak PetroVietnam

Binh Son Refining and Petrochemical Co., Ltd (BSR), anak perusahaan PetroVietnam, memanfaatkan layanan terbaru Honeywell UOP, Connected Performance Service (CPS).
Vietnam memproduksi 355.000 barel minyak bumi dan minyak lainnya pada 2015. /honeywell
Vietnam memproduksi 355.000 barel minyak bumi dan minyak lainnya pada 2015. /honeywell

Bisnis.com, JAKARTA - Binh Son Refining and Petrochemical Co., Ltd (BSR), anak perusahaan PetroVietnam, memanfaatkan layanan terbaru Honeywell UOP, Connected Performance Service (CPS).

Sistem berbasis IIoT itu bertujuan meningkatkan kinerja operasional manufaktur BSR di kota Quang Ngai, Vietnam. Sistem ini akan memanfaatkan teknologi CPS  Honeywell yang mengintegrasikan pengetahuan proses mendalam dari Honeywell UOP guna meningkatkan kinerja pabrik dan kilang di kompleks nafta milik BSR.

CPS adalah bagian dari inisiatif pabrik terhubung Honeywell yang memanfaatkan teknologi, layanan, dan
keahlian domain IIoT untuk meningkatkan seluruh aspek operasional industri, mulai dari efisiensi rantai pasokan hingga optimalisasi aset.

"Teknologi CPS Honeywell menggunakan data proses dari pabrik itu sendiri dan dilengkapi dengan optimalisasi berbasis awan dan solusi keandalan untuk memastikan kegiatan operasional berjalan seefisien mungkin,” kata Zak Alzein, wakil presiden direktur Honeywell UOP untuk bisnis CPS, Rabu (9/11/2016).

“Dengan memanfaatkan informasi spesifik dari pabrik, Honeywell mampu memberikan rekomendasi praktis kepada BSR guna meningkatkan profitabilitas mereka," ujarnya.

Presiden Direktur dan CEO Binh Son Refining & Petrichemical Co, Tran Ngoc Nguyen mengatakan sistem CPS adalah perangkat penting untuk membantu kilang memproduksi lebih banyak bensin dan mengkonsumsi lebih sedikit energi.

“Kami percaya sistem ini akan meningkatkan kemampuan staf kami sehingga memastikan kinerja operasional tetap berjalan maksimal," ujarnya.

Menurut estimasi Badan Administrasi Informasi Energi AS, Vietnam memproduksi 355.000 barel minyak bumi dan minyak lainnya pada 2015. Walaupun berstatus sebagai negara pengekspor bersih minyak mentah, tanpa adanya kapasitas konversi domestik tambahan, Vietnam tetap harus mengimpor produk minyak dalam jumlah besar.

Saat ini Vietnam memiliki 4,4 miliar barel cadangan minyak, menempati urutan ketiga pemilik cadangan minyak mentah terbesar di Asia setelah China dan India walaupun cadangan lepas pantainya masih belum banyak dieksplorasi.

Honeywell tercatat dalam jajaran perusahaan Fortune 100 sebagai perusahaan terdepan di bidang teknologi terdiversifikasi dan manufaktur yang melayani konsumen di seluruh dunia dengan menyediakan produk dan layanan kedirgantaraan, teknologi kendali untuk bangunan, rumah, dan industri; turbocharger; dan bahan peningkat kinerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper