Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERMINTAAN CPO: Setiap Tahun Naik

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan permintaan minyak sawit di dunia meningkat setiap tahunnya menyusul bertambahnya jumlah penduduk.
Pabrik CPO/Antara
Pabrik CPO/Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH -  Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan permintaan minyak sawit di dunia meningkat setiap tahunnya menyusul bertambahnya jumlah penduduk.

"Artinya, peningkatan permintaan itu harus diimbangi dengan produksi dan juga penambahan luas lahan agar produksi minyak sawit dapat terus meningkat dalam memenuhi permintaan pasar," kata Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono di Banda Aceh, Kamis (20/10/2016).

Ia menjelaskan komoditas sawit merupakan penyumbang devisa terbesar negara saat ini dan merupakan salah satu sektor yang memberikan dampak ekonomi besar kepada masyarakat dan daerah.

"Pasar sawit Indonesia untuk dunia mencapai 45%," katanya.

Menurut dia, pengembangan sawit Indonesia harus dilihat secara positif dan harus mendapat dukungan dari semua pihak bukan dilihat dengan sisi negatif yang kerap diidentikkan dengan kelapa sawit oleh sejumlah pihak.

"Ada pihak-pihak yang menginginkan sawit Indonesia itu tidak berkembang dengan melancarkan berbagai isu terkait kerusakan lingkungan, padahal itu tidak benar" katanya.

Ia mengatakan pengembangan kelapa sawit tidak merusak lingkungan sebab setiap perusahaan yang akan mengembangkan usahanya tidak boleh menanam kelapa sawit di daerah kawasan hutan.

"Kelapa sawit tidak akan merusak hutan dan perusahaan akan melakukan pengembangan lahan apabila sudah mendapat izin pelepasan kawasan hutan," katanya.

Ia menambahkan pihaknya siap memberikan berbagai pemahaman dan kajian terkini kepada semua pihak dalam memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap pengembangan kelapa sawit di Tanah Air.

Pertemuan tersebut juga dihadiri para pengurus GAPKI pusat dan juga GAPKI di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper