Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag Akan Bangun dan Revitalisasi 272 Pasar

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan pembangunan dan merevitalisasi pasar rakyat melalui dana Tugas Pembantuan (TP) untuk 272 pasar pada 2017, di mana secara keseluruhan pemerintah menargetkan pembangunan 1.000 pasar setiap tahun.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan pembangunan dan merevitalisasi pasar rakyat melalui dana Tugas Pembantuan (TP) untuk 272 pasar pada 2017, di mana secara keseluruhan pemerintah menargetkan pembangunan 1.000 pasar setiap tahun.

"Untuk tahun 2017 itu ada 220 pasar rakyat yang menggunakan dana TP dan 52 pasar merupakan 'carry over', sisanya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, saat ditemui di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Enggartiasto menjelaskan, target pemerintah pada tahun 2017 untuk revitalisasi dan pembangunan pasar adalah sebanyak 1.000 pasar rakyat. Total dana yang dibutuhkan untuk membangun dan merevitalisasi pasar rakyat tersebut kurang lebih sebanyak Rp3,7 triliun.

Kemendag berkewajiban untuk membangun dan merevitalisasi sebanyak 272 pasar di mana sebanyak 52 pasar merupakan pengalokasian kembali untuk tahun 2017 karena pada tahun 2016 terjadi penghematan anggaran oleh pemerintah. Sementara sisanya atau sebanyak 728 unit pasar direvitalisasi melalui dana DAK.

"Kami prioritaskan ke pasar rakyat skala kecil, akan tetapi yang menyentuh masyarakat banyak. Pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat tersebut akan mengikuti standardisasi pembangunan pasar dan juga pedoman tata kelola pasar seperti soal retribusi serta manajemen keuangan," kata Enggartiasto.

Enggartiasto menjelaskan, nantinya pedoman tata kelola pasar tersebut juga akan mengatur penggunaan dana retribusi untuk pengembangan pasar itu sendiri. Dengan adanya rencana tersebut, maka pasar itu bisa terpelihara dengan baik.

"Saat ini ada retribusi akan tetapi pertanggungjawabannya tidak jelas. Managemen pasar menarik retribusi, tapi tidak dipergunakan untuk mengelola pasar dengan baik, dan dipergunakan untuk kepentingan mereka," kata Enggartiasto.

Pada tahun 2015, pemerintah berencana untuk membangun dan merevitalisasi pasar rakyat sebanyak 1.017 unit, yang terdiri dari pembangunan melalui dana TP sebanyak 182 unit, dana DAK sebanyak 770 pasar rakyat, dan sebanyak 65 unit dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Realisasi pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat pada 2015 tersebut mencapai 99 persen atau sebanyak 1.002 unit pasar, sementara 15 pasar lainnya tidak terlaksana.

Pada 2016, untuk pembangunan pasar rakyat melalui dana Tugas Pembantuan sebanyak 168 pasar dengan anggaran sebesar Rp1,46 triliun. Sementara untuk Dana Alokasi Khusus mencakup 710 unit pasar rakyat dengan dana mencapai Rp1,006 triliun.

Pada tahun tersebut direncanakan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat sebanyak 878 unit atau di bawah target yang dipasang oleh pemerintah yang sebanyak 1.000 pasar rakyat per tahun, dan sebanyak 5.000 pasar rakyat pada 2019.

Tercatat, jika pembangunan pasar rakyat sesuai dengan skema rencana pemerintah, maka selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga akhir tahun 2016 ini sudah melakukan pembangunan dan revitalisasi pasar sebanyak 1.880 pasar rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper