Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki Optimistis 2 Proyek Asian Games XVIII Selesai Tepat Waktu

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis proyek renovasi Gelora Bung Karno (GBK) dan pembangunan wisma atlet Kemayoran yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018 selesai tepat waktu yakni Oktober 2017.
Drawa, Maskot Asian Games 2018/Antara
Drawa, Maskot Asian Games 2018/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis proyek renovasi Gelora Bung Karno (GBK) dan pembangunan wisma atlet Kemayoran yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018 selesai tepat waktu yakni Oktober 2017. 

"Saya optimistis akan selesai sesuai target semuanya Oktober 2017 nanti, saat ini untuk di GBK hampir semuanya sekitar 2 persen. Untuk di Kemayoran ini dari laporan tadi sudah mencapai 22 persen," terangnya dalam siaran pers, Sabtu (1/10/2016).

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau kedua proyek tersebut di Jakarta, Sabtu (1/10/2016). Sementara itu, menurut Basuki, untuk penataan kawasan sekitar area GBK saat ini sudah memasuki tahap desain sehingga bisa segera menyusul untuk dikerjakan.

"Penataan kawasan ini perlu sehingga tidak hanya venue nya saja yang baru, tapi kawasannya juga diharapkan lebih nyaman," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Basuki didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanudin dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Diketahui untuk pembangunan wisma atlet dilaksanakan oleh Direkorat Jenderal Penyediaan Perumahaan. Adapun Direktorat Jenderal Cipta Karya bertugas merenovasi dan rehabilitasi venues di komplek GBK serta melakukan penataan.

Dia menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Cipta Karya akan merenovasi 14 bangunan venues di Kawasan Komplek GBK.

Keempatbelas bangunan tersebut yaitu Stadion Utama, lalu Tennis Indoor dan Outdoor, Gedung Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Hockey, Lapangan Panahan, Lapangan Sepakbola A/B/C, Stadion Renang dan Istora Senayan.

Selain melakukan renovasi, Ditjen Cipta Karya juga akan menata kawasan GBK untuk menciptakan kualitas ruang luar bangunan venue yang lebih baik, tetapi dapat menyatu dengan bangunannya.

Perbaikan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan seperti gerbang, loket, pedestrian, parkir, pagar, tempat duduk, toilet. Kemudian penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym dan sampah.

Direktorat Jenderal Cipta Karya telah melakukan penandatanganan empat paket konstruksi terintegrasi rancang dan bangun (design and build) untuk pembangunan dan rehabilitasi venue Gelora Bung Karno (GBK) dan lima paket konsultan manajemen kontruksi senilai Rp 1,2 triliun pada 15 Agustus 2016.

Sementara rusun Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun Kementerian PUPR untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018 nantinya akan memiliki 10 menara.

Tiga menara rusun dibangun di blok C2 di atas lahan seluas 27.654 meter persegi dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara di Blok D10 di atas lahan seluas 79.400 meter persegi dengan 5.494 unit hunian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper