Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBIAYAAN RUMAH: Bapertarum PNS Gandeng Bank Riau Kepri

Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum PNS) menggandeng Bank Riau Kepri sebagai bank pelaksana program pembiayaan perumahan bagi aparatur sipil negara di dua provinsi tersebut.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum PNS) menggandeng Bank Riau Kepri sebagai bank pelaksana program pembiayaan perumahan bagi aparatur sipil negara di dua provinsi tersebut.

Dirut Bapertarum PNS Heroe Soelistiawan mengatakan dari data yang dimiliki Badan Kepegawaian Nasional, jumlah PNS yang belum memiliki rumah di Riau dan Kepulauan Riau mencapai 24.000 lebih.

"Rinciannya di Riau sebanyak 18.302 dan Kepri sebanyak 6.254 PNS, mayoritasnya golongan III, dan kelompok inilah yang harus didorong untuk segera memiliki rumah dan memanfaatkan program sejuta rumah dari pemerintah," katanya seusai penandatanganan kerja sama Bapertarum PNS dan Bank Riau Kepri di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016).

Heroe menjelaskan pihaknya tidak memiliki kantor cabang di daerah, sehingga pegawai negeri yang ingin memanfaatkan fasilitas bantuan uang muka pembelian rumah mengalami kendala.

Untuk itu, dengan menggandeng Bank Riau Kepri sebagai pelaksana, PNS di daerah itu bisa memanfaatkan fasilitas bantuan cuma-cuma dari Bapertarum PNS dengan anggaran maksimal Rp5,8 juta untuk setiap pegawai negeri.

Menurut Heroe, berjalannya program kerja sama ini cukup cepat terealisasi. Mengingat wacana yang dilontarkan hanya berselang tiga bulan lalu sampai ditandatanganinya perjanjian tersebut saat ini.

"Kami juga mengapresiasi Bank Riau Kepri yang cepat meresmikan kerja sama ini, karena rencananya baru disampaikan tiga bulan lalu saat ketemu Dirut BRK di Lombok, kami harap akhir tahun realisasi kreditnya bisa cukup besar," katanya.

Pihaknya juga mengimbau setiap kepala satuan kerja di lingkungan pemda Riau dan Kepri untuk segera mendata rekan kerjanya yang belum memiliki rumah, agar segera memanfaatkan program kerja sama bantuan uang muka rumah tersebut.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat bagi PNS di daerahnya untuk membeli rumah.

"Alasan kesulitan membeli rumah biasanya di uang muka, sekarang bagi PNS alasan itu tidak perlu sulit lagi karena dengan bantuan uang muka Bapertarum PNS ini akan memudahkan," katanya.

Bahkan kata Irvandi, bantuan uang muka yang bisa dinikmati PNS cukup tinggi, yaitu Rp5,8 juta dari Bapertarum PNS dan Rp4 juta dari FLPP Kemen PU Pera dalam program sejuta rumah, dengan nilai total bantuan Rp9,8 juta.

Selain itu bagi PNS yang memiliki tanah pribadi, bisa juga mengajukan bantuan biaya pembangunan rumah lewat program tersebut. Untuk mendukung kesuksesan program ini, pihaknya bakal mendorong sosialisasi ke setiap satker di pemda Riau dan Kepri.

"Kami akan sosialisasi langsung ke tiap satker, tahap awalnya pilot project nanti di Pekanbaru karena di sini pusat rumah bagi pegawai yang ada di kawasan Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper