Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Nol Deforestasi, Peran Petani Sawit Harus Ditingkatkan

Petani kelapa sawit mandiri dinilai sebagi salah satu pelaku industri yang berperan dalam transformasi menuju nol deforestasi.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 30 Agustus 2016  |  20:13 WIB
Petani sawit - bisnis.com
Petani sawit - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Petani kelapa sawit mandiri dinilai sebagi salah satu pelaku industri yang berperan dalam transformasi menuju nol deforestasi.

Mansuetus Darto, perwakilan Serikat Petani Kelapa Sawit, menuturkan petani mandiri memerlukan panduan agar dapat mengidentifikasi area konservasi dan budi daya. Untuk itu, SPKS menjalin kerja sama dengan Greenpeace Indonesia untuk meluncurkan panduan pengelolaan perkebunan rakyat bebas deforestasi.

"Panduan ini penting supaya petani bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya tanpa harus membuka lahan hutan dan gambut," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2016).

Luas perkebunan sawit rakyat diperkirakan mencapai 43% dari luas perkebunan sawit di Indonesia. Namun, produksinya hanya sekitar 12-14 ton/hektare/tahun dari produksi optimal 36ton/ha/tahun.

Ratri Kusumohartono, Juru Kampanye Hutan Greenpeace, mengatakan industri minyak sawit global sedang bertransformasi menuju nol deforestasi dengan praktik agrikultur yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

"Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi, seringkali menyudutkan para petani sawit mandiri. SOP ini menjadi jawaban atas tantangan yang kerap meragukan kemampuan petani untuk menghasilkan produk yang bebas dari deforestasi," tuturnya.

Tak hanya itu, SOP tersebut juga membuka peluang agar petani sawit mandiri semakin berperan aktif dalam praktik perkebunan yang berkelanjutan. Apabila petani bisa menghasilkan minyak sawit yang bebas dari deforestasi, lanjutnya, tidak ada alasan lagi bagi para pengusaha sawit skala besar untuk terus membuka hutan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

petani sawit
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top