Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sistem Pemesanan Tiket Baru KA Ekonomi Lokal Cikampek dan Purwakarta

PT Kereta Api Indonesia berlakukan sistem pemesanan tiket kereta api ekonomi lokal tujuan Cikampek dan Purwakarta tujuh hari sebelum keberangkatan dari sistem pemesanan hanya pada hari keberangkatan.
Calon penumpang KA ekonomi lokal mengantre di pintu loket./Ilustrasi
Calon penumpang KA ekonomi lokal mengantre di pintu loket./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia berlakukan sistem pemesanan tiket kereta api ekonomi lokal tujuan Cikampek dan Purwakarta tujuh hari sebelum keberangkatan dari sistem pemesanan hanya pada hari keberangkatan.

Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Bambang S. Prayitno mengatakan langkah tersebut guna memudahkan perusahaan melakukan evaluasi pertumbuhan volume penumpang yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan.

Tidak hanya itu, dia mengatakan, langkah tersebut juga dapat membuat perusahaan tidak kesulitan dalam mengumpulkan data penumpang untuk keperluan verifikasi klaim asuransi karena data penumpang sudah terkumpul.

“Hal ini juga sebagai jawaban saran dan masukan dari masyarakat pengguna jasa yang meminta peningkatan pelayanan dalam pembelian tiket KA Lokal yang valid. Dengan sistem ini, tiket bisa dibeli PP [pulang-pergi], dibatalkan, dan reschedule,” kata Bambang, Senin (29/8/2016).

Dia menambahkan pemesanan tiket untuk KA ekonomi lokal tujuan Cikampek dan Purwakarta tersebut tidak jauh berbeda dengan pemesanan tiket kereta api pada umumnya.

Menurutnya, pengguna jasa KA harus memasukan data mengenai dirinya seperti nama dan identitas yang jelas dan sesuai dengan kartu identitas KTP/SIM, atau Passport.

Adapun mengenai pembelian dan pemesanan tiket KA ekonomi lokal tujuan Cikampek dan Purwakarta, dia mengatakan, masyarakat dapat membelinya di stasiun keberangkatan dan perhentian KA ekonomi lokal tesebut.

Stasiun-stasiun itu, yakni Stasiun Jakarta Kota, Kemayoran, Tambun, Cikarang, Lemahabang, Kedunggede, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan Stasiun Purwakarta.

Kereta ekonomi lokal tujuan Cikampek dan Purwakarta tersebut memiliki kapasitas tempat duduk hingga 106 setiap keretanya. Namun, perusahaan menetapkan batas tingkat keterisian kereta api ekonomi lokal tersebut mencapai 150%.

Dia menambahkan, perusahaan memberikan batas toleransi 50% dari total tempat duduk yang tersedia bagi masyarakat untuk berdiri karena waktu tempuh KA ekonomi lokal “Masih relatif pendek,” kata Bambang.

Saat ini, KA ekonomi lokal tujuan Jakarta Kota-Cikampek memiliki tarif Rp5.000 dengan 2 kali perjalanan pulang dan pergi. Adapun KA ekonomi lokal tujuan Jakarta Kota-Purwakarta memiliki tarif Rp6.000 per penumpang dengan 3 kali perjalanan pulang-pergi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper