Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Tinjau SPAM Pasilaga, Ini Hasilnya

Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhidin Mohamad Said meninjau Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Pasigala dan jaringan Transmisi SPAM Pasigala, serta pembangunan pengendali banjir Sungai Palu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com -- Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhidin Mohamad Said meninjau Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Pasigala dan jaringan Transmisi SPAM Pasigala, serta pembangunan pengendali banjir Sungai Palu.

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pusat Air Baku dan Pusat Air Tanah telah membangun free intake sebagai prasarana air baku Gumbasa, Kabupaten Sigi. Dengan adanya free intake tersebut, diharapkan Sungai Saluki dapat menyediakan air baku untuk Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi dengan debit 2x300 liter per detik.

Pembangunan intake dan instalasi pipa transmisi telah dimulai sejak 2009 lalu dan pada 2015 kemarin dilakukan penyelesaian instalasi pipa transmisi hingga mencapai lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Oloboju, Kabupaten Sigi.

Pembangunan infrastruktur tersebut merupakan kesepakatan bersama, sebagai tindak lanjut penanganan pada 25 maret 2013 antara Direktorat Jenderal SDA, Kementerian PU Sulteng, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi dan Pemerintah Kabupaten Donggala.

Dengan adanya instalasi tersebut diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi untuk menunjang pengembangan Kota Palu sebagai pusat pemerintahan, pusat pelayanan jasa dan pusat niaga. Kemudian mendukung program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), menunjang pelayanan kawasan pariwisata, dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper