Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teman Seangkatan Presiden Jokowi Diberhentikan dari Dirut Perum Perhutani

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberhentikan Mustoha Iskandar dari jabatannya sebagai Direktur Utama Perum Perhutani.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 24 Agustus 2016  |  13:34 WIB
Teman Seangkatan Presiden Jokowi Diberhentikan dari Dirut Perum Perhutani
Perhutani - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberhentikan Mustoha Iskandar dari jabatannya sebagai Direktur Utama Perum Perhutani.

“Saya sudah tidak lagi jadi Dirut Perhutani sejak 26 Juli 2016. Pengumuman resminya dalam beberapa hari ini,” kata Mustoha kepada Bisnis.com via pesan singkat, hari ini, Rabu (24/8/2016).

Mustoha menuturkan, pemberhentian itu dikarenakan periode masa jabatan dirinya selaku direksi Perhutani selama 5 tahun sudah habis. Namun, dia enggan berandai-andai mengenai kemungkinan perpanjangan jabatan atau tawaran posisi baru di perusahaan pelat merah lain.

Ketika dikonfirmasi Bisnis.com, Sekretaris Perusahaan Perhutani John Novarly membenarkan pemberhentian Mustoha sebagai orang nomor satu di perusahaan itu.

“Iya sudah habis masa jabatannya di periode pertama,” katanya lewat pesan singkat.

Meski waktu pemberhentian sudah hampir sebulan, John mengatakan saat ini Kementerian BUMN belum menunjuk pengganti Mustoha secara definitif.

Mustoha merupakan insinyur kehutanan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Dia merupakan teman satu angkatan Presiden Joko Widodo di Fakultas Kehutanan UGM. Keduanya sama-sama masuk UGM pada 1980. Namun, Jokowi lulus duluan pada 1985 dan diikuti Mustoha setahun berselang.

Setelah lulus, Mustoha dan Jokowi sama-sama memulai karir di badan usaha milik negara (BUMN) sektor kehutanan. Jokowi masuk PT Kertas Kraft Aceh (Persero) sementara Mustofa bergabung dengan Perhutani.

Mustoha memulai karirnya di perusahaan itu dari bawah hingga menggapai kursi dewan direksi pada  2011. Dia mulai menjabat sebagai Direktur Pengelolaan Sumber Daya Hutan (2011-2014), lalu Direktur Komersial Kayu (2014-2015).

Terhitung sejak 17 Oktober 2014, Mustoha menduduki kursi Direktur Utama hingga berakhir pada 26 Juli 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ugm kehutanan kementerian bumn perhutani perum perhutani mustoha iskandar universitas gadjah mada
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top