Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inaplas: Meski Penjualan Hanya Tumbuh 3%, Margin Industri Plastik Naik

Marjin pendapatan industri plastik meningkat meskipun penjualan diperkirakan hanya tumbuh 3% tertekan perlambatan pertumbuhan ekonomi.
Kemasan plastik BOPP/Ilustrasi-adhtape.com
Kemasan plastik BOPP/Ilustrasi-adhtape.com

Bisnis.com, JAKARTA - Marjin pendapatan industri plastik meningkat meskipun penjualan diperkirakan hanya tumbuh 3% tertekan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Ketua Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas), Budi Susanto Sadiman, menjelaskan bisnis plastik terbantu oleh penurunan tajam harga bahan baku. Industri plastik dari hulu ke hilir masih mampu membukukan laba meskipun kinerja penjualan lesu.

Dia mengungkapkan marjin antara biaya produksi dan harga resin plastik naik dari US$200 per ton menjadi US$300 per ton dalam dua tahun terakhir. Marjin naik hingga 50% seiring penurunan harga nafta dari sekitar US$1.200 per ton menjadi US$600 per ton.

Industri pemroses plastik juga bisa meningkatkan marjin pendapatan dari sekitar Rp10.000 per kilogram menjadi Rp12.000—Rp13.000. Kenaikan selisih disebabkan oleh penurunan harga resin dari sekitar Rp16.000 per kilogram menjadi Rp10.000 per kilogram, sedangkan harga plastik hanya bergeser dari Rp26.000 per kilogram menjadi Rp24.000 per kilogram.

“Kenapa produsen plastik masih tenang? Marjin per unit plastik sekarang bagus. Di hulu harga turun karena harga bahan baku turun lebih jauh. Marjin ini kompensasi dari penurunan volume,” kata Budi dalam konferensi pers pameran Indoplas, Indopack, dan Indoprint, Selasa (23/8/2016).

Pengatakan penurunan laju konsumsi membuat utilisasi produksi industri petrokimia hulu hanya sekitar 60% dari total kapasitas produksi terpasang yang mencapai 2,92 juta ton.

Konsumsi plastik diperkirakan hanya akan menyentuh 4,6 juta ton sampai akhir 2016 atau tumbuh sekitar 3% dibandingkan konsumsi tahun lalu yang sebanyak 4,5 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper