Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIVERSIFIKASI LAYANAN: Posindo Garap Pembayaran Pajak Kendaraan

PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan bisnis jasa keuangan dengan membuka layanan khusus pembayaran (e-samsat) dan antar-jempat pajak kendaraan untuk wilayah Jawa Timur.

Bisnis.com, BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan bisnis jasa keuangan dengan membuka layanan khusus pembayaran (e-samsat) dan antar-jempat pajak kendaraan untuk wilayah Jawa Timur.

Pembukaan layanan tersebut dilakukan Pos Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur, dan Jasa Raharja Cabang Surabaya yang menandatangani perjanjian kerja sama di Bandung, Kamis (18/8/2016).

Direktur Keuangan Pos Indonesia Poernomo menjelaskan kerja sama tersebut mencakup penggunaan jaringan yang terintegrasi (host to host) yang berisi data biling system dalam layanan e-samsat, dan layanan antar jemput dokumen kepada wajib pajak melalui layanan kurir pos.

Dia menjelaskan layanan pajak kendaraan melalui Kantor Pos ini membidik pemilik kendaraan yang berada di daerah pelosok yang selama ini belum terlayani optimal.

Menurutnya, perseroan memiliki pengalaman panjang dalam melayani transaksi pembayaran pajak pemerintah dan mencatatkan layanan terbanyak dari volume transaksinya yang mayoritas setoran tunai.

"Tahap awal ini kami akan melayani di 10 wilayah di Jatim terutama di daerah pinggiran, tujuannya agar wajib pajak bisa dengan mudah untuk membayar pajak kendaraan," ujarnya.

Poernomo mengatakan, layanan e-samsat di Jatim tersebut menjadi percontohan yang akan dikembankan di provinsi lainnya dalam waktu dekat di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ke depannya, layanan pembayaran pajak melalui Kantor Pos bisa dikembangkan secara nasional yang akan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, Kepala Dispenda Jatim Bobby Soemiarsono menuturkan ide untuk mengembangkan layanan e-samsat dengan Pos tersebut sebenarnya sudah tercetus sejak 8 tahun lalu, tetapi baru bisa direalisasikan saat ini karena sistemnya sudah saling mendukung.

Kepala PT Pos Indonesia Regional VII Jawa Timur Hairul Syaifiudin menambahkan pihaknya siap memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat dalam pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), SWDKLLAJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), atau parkir berlangganan serta pengesahan STNK secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper