Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina MOR II Jamin Pasokan Avtur Pesawat Haji

Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) II Sumbagsel memastikan dapat memenuhi kebutuhan avtur untuk pesawat haji embarkasi Palembang yang bisa mencapai hingga 100 kiloliter per pesawat.

Bisnis,com, PALEMBANG – Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) II Sumbagsel memastikan dapat memenuhi kebutuhan avtur untuk pesawat haji embarkasi Palembang yang bisa mencapai hingga 100 kiloliter per pesawat.

General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Herman Zaini, mengatakan pihaknya memasok avtur untuk 13 penerbangan haji yang menggunakan pesawat Boeing 747 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

“Kami sudah melakukan pengisian perdana sebanyak 78 kiloliter (kl). Biasanya konsumsi avtur untuk pesawat haji rata-rata sebanyak 75 kl – 100 kl per penerbangan,” katanya saat jumpa pers penyaluran avtur untuk keberangkatan haji, Kamis (11/8).

Herman mengakui pihaknya memerlukan persiapan khusus untuk pengisian avtur pesawat haji karena secara kapasitas dan waktu perjalanan berbeda dengan pesawat reguler yang terbang dari Bandara SMB II Palembang.

Dia mengatakan penerbangan Palembang – Jedah memakan waktu sekitar 9,5 jam sehingga membutuhkan persediaan bahan bakar yang lebih banyak dibanding penerbangan reguler.

Herman menambahkan untuk waktu pengisian avtur pun berbeda dengan pesawat kecil yang konsumsinya hanya 2 kl – 3 kl per penerbangan.

“Kalau pesawat kecil, ngisinya cuma lima menit, kalau pesawat haji ini bisa satu jam dan kami tidak boleh terlambat  karena bisa mengganggu waktu kedatangan penumpang,” katanya.

Untuk kesiapan depot BBM avtur di Bandara SMB II, Herman melanjutkan, pihaknya memastikan kapasitas tangki avtur masih  memadai jika terjadi peningkatan konsumsi, seperti saat musim haji sekarang.

Dia mengatakan kapasitas tangki di depot mencapai 400 kl sehingga masih sanggup menampung penambahan konsumsi hingga 100% dari kebutuhan normal.

“Untuk konsumsi avtur sebanyak 40 pesawat reguler di SMB II bisa mencapai total 100 kl per hari, jumlah itu masih sedikit sehingga tidak perlu penambahan kapasitas,” katanya.

Berdasarkan catatan Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Sumsel, selain ada 5.088 dari Sumatra Selatan, embarkasi haji asal Palembang juga diikuti ole 732 orang CJH dari Bangka Belitung.

Untuk kloter pertama mulai berangkat menggunakan Boeing 747 Saudi Arabian Airlines. Sementara secara nasional, kuota haji pada tahun ini ada 168.800 orang, dimana 155.200 untuk jemaah haji reguler dan 13.600 jemaah haji khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper