Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Padi Produksi Siak Malah Dibeli Daerah Tetangga

Padi produksi Kabupaten Siak Provinsi Riau saat ini sebagian besar dibeli pengusaha asal daerah tetangga seperti Sumatra Utara dan Sumatra Barat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Agustus 2016  |  13:06 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Padi produksi Kabupaten Siak Provinsi Riau saat ini sebagian besar dibeli pengusaha asal daerah tetangga seperti Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

Bupati Siak Syamsuar mengatakan setiap panen padi di daerahnya, pengusaha asal tetangga sudah bersiap datang mengambil gabah yang dihasilkan petani setempat.

"Gabah yang masih basah itu dijemput pakai truk oleh pengusaha, jadi kami gak bisa juga melarang karena ini sudah berkaitan dengan penghasilan petani," katanya, Kamis (4/8/2016).

Dia menjelaskan saat ini proses pengolahan gabah basah itu lebih banyak di luar daerah Riau, karena minat pengusaha setempat masih minim.

Pihaknya berharap pengusaha asal Pekanbaru yang memiliki modal, mau membeli gabah petani sehingga produksi lokal itu tidak dibawa keluar daerah.

"Karena kami menemukan bahwa hasil gabah petani Siak yang sudah diolah di daerah luar Riau itu dibawa masuk lagi dan dikemas siap jual di Pekanbaru," katanya.

Adapun produksi padi Siak mencapai 25.000 ton pada Agustus 2015 lalu dan menargetkan 40.000 ton sepanjang 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

padi siak
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top