Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penuhi Kebun Sendiri, Belasan Ribu Bibit Rica Pedaskan 3 Desa

Belasan ribu bibit cabai rawit atau rica disebar di tiga desa Kecamatan Bunaken, Kota Manado, untuk memastikan masyarakat mampu memenuhi kebutuhan dari kebun rumahnya sendiri.
Cabai rawit/Ilustrasi
Cabai rawit/Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO - Belasan ribu bibit cabai rawit atau rica disebar di tiga desa Kecamatan Bunaken, Kota Manado, untuk memastikan masyarakat mampu memenuhi kebutuhan dari kebun rumahnya sendiri.

Program yang dinamakan Gerakan Menanam Rica, diinisiasi oleh Bank Indonesia Sulawesi Utara bersama Pemerintah Kota Manado. Kurang lebih 13.000 bibit pohon rica dibagikan ke tiga desa di kecamatan Bunaken, a.l Tongkiana, Perkamil dan Maasing.

Gerakan menaman cabai rawit sebagai bagian upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menekan inflasi Sulawesi Utara yang diwakilkan Manado. Pasalnya, bawang, rica, tomat (barito) menjadi salah satu faktor pendorong tingginya inflasi Manado.

“Kegemaran konsumsi rica akan menjadi masalah ketiga pasokan tidak memadai. Akan lebih baik, jika konsumsi rica dapat dihadirkan dari halaman rumah sendiri,” tutur Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Peter Jacobs, di sela-sela Pencanangan Gerakan Tanam Rica, di Desa Tongkiana, Selasa (2/8/2016).

Menurutnya, agenda ini memang bukan sebagai program bagi masyarakat, melainkan gerakan bersama dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan pokoknya sendiri, tanpa harus membeli.

Sekretaris Daerah Kota Manado Haefrey Sendoh yang mewakili Wakil Wali Kota Manado Mor Bastian mengatakan jika masyarakat dapat mendapatkan rica di dekat rumah dan tidak mengeluarkan biaya, kemungkinan akan dapat mengurangi beban ibu rumah tangga yang ada.

“Kami akan lihat dan pantau, apakah bibit yang dibagikan ke masyarakat dapat dimaksimalkan penggunaannya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper