Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Akan Tambah Investasi Properti US$200 Juta

Mitsubishi Corporation siap menggelontorkan US$200 juta untuk investasi di sejumlah propyek properti Tanah Air melalui kerja sama dengan sejumlah mitra lokal pada 2017 hingga 2018 mendatang.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Mitsubishi Corporation siap menggelontorkan US$200 juta untuk investasi di sejumlah propyek properti Tanah Air melalui kerja sama dengan sejumlah mitra lokal pada 2017 hingga 2018 mendatang.

Rencana investasi tersebut setara dengan Rp2,62 triliun dengan kurs Rp13.121 dan akan dikendalikan oleh PT Berlian Realty Investasi Indonesia, anak perusahaan Mitsubishi Corporation di Indonesia yang khusus bergerak di bidang properti.

Presiden Direktur PT Berlian Realty Takashi Ito mengatakan, Mitsubishi telah berbisnis di Indonesia sejak 1919 dalam beragam sektor di berbagai wilayah Tanah Air. Saat ini, ada sekitar 60 joint venture atau perusahaan patungan antara Mitsubishi dengan mitra dalam negeri.

Ito mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara paling penting bagi Mitsubishi Corporation sebab memiliki pasar yang sangat potensial untuk beragam sektor bisnis. Oleh karena itu, Mitsubishi tidak ragu untuk berinvestasi skala besar.

Di lini bisnis properti, Mitsubishi baru masuk ke pasar Indonesia sejak tahun lalu melalui investasi di dua proyek, masing-masing bersama Tokyu Land dan Lippo Group.

“Kami sangat percaya diri dan yakin untuk berbisnis real estat di Indonesia. Kami sudah siapkan 200 juta dolar untuk investasi properti dalam dua tahun ke depan, 2017 hingga 2018,” katanya di Jakarta, Rabu (3/8/2016) sore.

Ito enggan membeberkan rencana proyek baru yang akan digarap dengan dana investasi tersebut. Namun, dirinya memastikan akan memprioritaskan kedua mitra yang telah lebih dahulu bekerja sama.

Sebelumnya, Mitsubishi bersama Tokyu Land telah sepakat untuk berinvestasi senilai US$300 juta untuk proyek Branz BSD, apartemen kelas atas di lahan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Teranyar, Mitsubishi berinvestasi bersama PT Lippo Cikarang Tbk. senilai USD100 juta untuk proyek Newport Park, menara apartemen keenam di Orange Country, Cikarang, Jawa Barat, yang menghadirkan beragam trobosan teknologi dan nuansa Jepang.

Newport Park rencananya akan diluncurkan pada Oktober mendatang. Pemesanan telah bibuka pekan terakhir bulan lalu dan kini permintaannya telah mencapai 32,6%. Apartemen ini dijual dengan rentang harga mulai dari Rp550 juta untuk 31 m2 hingga Rp1,3 miliar untuk 97 m2.

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk. Toto Bartholomeus mengatakan, Orange Country merupakan proyek jangka panjang Lippo seluas 322 hektar. Saat ini, pembangunan tahap pertama baru dimulai pada lahan seluas 10 hektar.

Oleh karena itu, dirinya tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan Mitsubishi untuk proyek-proyek selanjutnya di Orange Country.

“Ada beberapa proyek lagi yang sedang kita bicarakan, tetapi belum bisa kami informasikan saat ini,” katanya.

Toto mengatakan, salah satu stratagi Lippo Group adalah terus membuka kerja sama dengan  berbagai mitra dari luar negeri yang memiliki rekam jejak unggul di industri properti. Mitra tersebut tidak melulu dari perusahaan besar, tetapi juga skala kecil dan menengah.

Stratagi ini telah dimulai sejak 50 tahun lalu dan tetap dipertahankan sebab dinilai baik bagi peningkatan perekonomian nasional.

Beberapa di antaranya yang kini tengah berjalan yakni proyek Axia South Cikarang dengan Toyota Tsusho, East Jakarta Industrial Park atau IJIP dengan Sumitomo Corporation, dan Data Centre dengan Mitsui.

Upaya menghadirkan mitra asing tersebut adalah untuk memberikan nilai tambah bagi produk-produk dalam negeri, terutama menghadirkan nuansa budaya negara asal dari komunitas ekspatriat yang bekerja di berbagai kawasan industri Cikarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper