Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Resep Industri Halal di Malaysia Tumbuh Kuat

Biaya sertifikasi halal di Malaysia yang murah yaitu sekitar US$80 (sekitar Rp 1 juta) dan berlaku selama 2 tahun.

Bisnis.com, JAKARTA - Industri halal tumbuh kuat di Malaysia melalui beragam insentif yang diberikan pemerintah, termasuk biaya sertifikasi halal yang murah.

CEO Halal Industry Development Corporation (HDC) Malaysia Jamil Bidin menjelaskan HDC adalah badan yang khusus didirikan pemerintah Malaysia untuk membina pembangunan industri halal.

HDC merekayasa kondisi bisnis di Malaysia agar pelaku usaha asing dan dalam negeri tertarik berinvestasi mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidan produksi halal atau menyediakan jasa halal.
 
Jamil mencontohkan biaya sertifikasi halal di Malaysia yang murah yaitu sekitar US$80 (sekitar Rp 1 juta) dan berlaku selama 2 tahun. Pemerintah juga memberikan keringanan biaya bagi industri kecil dan menengah.

Malaysia juga merangsang investasi melalui kawasan industri halal, kawasan yang diperuntukan bagi pabrik yang memproduksi produk bersertifikat halal. Pabrik yang berdiri di kawasan tersebut mendapatkan insentif pajak selama 10 tahun.

“Kami membutuhkan 40 tahun dalam membangun industri halal. Indonesia yang bekerja sama dengan Malaysia saya rasa tidak perlu 40 tahun, bisa fast track. Industri halal ini membawa hasil besar pada ekonomi,” kata Jamil. 

Thomson Reuters memperkirakan ekonomi produk halal global bernilai US$1,8 triliun pada 2014 dan bisa tumbuh hinga US$2,6 triliun pada 2020. Produk makanan halal bernilai US$1,13 miliar atau 17% dari pasar makanan global. Adapun pasar farmasi bernilai US$75 miliar atau 7% dari nilai pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper