Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Omzet Perajin Tempe Trenggalek Meningkat 300%

Omzet perajin keripik tempe khas Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, meningkat hingga 300 persen dari biasanya menjelang Lebaran 2016.
Keripik tempe Trenggalek/Antara
Keripik tempe Trenggalek/Antara

Bisnis.com, TRENGGALEK - Omzet perajin keripik tempe khas Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, meningkat hingga 300 persen dari biasanya menjelang Lebaran 2016.

"Permintaan keripik tempe sudah mulai naik jelang Ramadan awal Juni 2016 hingga sekarang," kata Istikomah, salah satu pelaku industri rumahan keripik tempe di Desa Kranding, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Senin (4/7/2016).

Rata-rata perputaran modal usaha Rp1,5 juta per hari menjadi Rp5 juta per hari dengan asumsi volume produksi mencapai 10 ribu helai keripik tempe.

Istikomah menuturkan pada hari biasa atau sebelum Ramadhan volume produksi di tempat usahanya hanya berkisar 3.000 helai keripik tempe dengan harga jual setiap potongnya Rp550 untuk kelas pengecer (pedagang) atau Rp650 per potong untuk konsumen langsung.

Untuk menambah kemampuan produksi, Istikomah menambah jumlah pekerja dari sebelumnya hanya tiga orang menjadi delapan orang.

Tidak hanya sebatas menggoreng tempe dari setengah jadi menjadi keripik tempe, tenaga kerja Istikomah juga ikut memproses peragian kedelai sehingga menjadi tempe yang telah dipola menjadi lembaran tipis dan siap goreng.

"Proses pembuatan keripik tempe dari bahan baku, peragian, hingga penggorengan membutuhkan waktu kurang lebih empat hari," ujarnya.

Untuk memacu produktifitas serta menjaga kualitas rasa, Istikomah mengaku hanya fokus pada industri pengolahan dari tempe menjadi keripik tempe.

Bahan Baku

Sementara, industri hulu pembuatan tempe ia serahkan pada perajin spesialis pembuatan tempe tetangganya dengan harga Rp130 per helai.

"Saya beli dalam bentuk bahan baku dari kedelai yang telah diolah hingga peragian. Pembuatan tempe dilanjutkan oleh pekerja saya di rumah mereka masing-masing dengan upah Rp80 per helai. Tapi semua bahan sudah dari saya," ujarnya.

Dengan asumsi biaya produksi itu, termasuk bahan baku minyak goreng kemasan untuk menggoreng tempe, Istikomah mengaku masih memiliki margin keuntungan sekitar Rp200 rupiah per lembar.

Selama sebulan Ramadhan Istikomah mengaku memiliki omzet penjualan mencapai Rp130 juta lebih, jauh di atas rata-rata pendapatan kotornya pada bulan-bulan sebelumnya yang berkisar Rp45 juta.

Peningkatan omzet imbas tingginya permintaan keripik tempe selama Ramadhan hingga menjelang Lebaran tidak hanya dinikmati Istikomah, namun juga pelaku industri keripik tempe lain.

Purwanti, pengusaha industri keripik tempe di Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan mengaku tiga pekan terakhir omzet produksinya mencapai Rp70 juta lebih dari biasanya hanya sekitar Rp25 juta per bulan.

"Kami benar-benar kewalahan memenuhi permintaan dari sebagian pedagang di sentra pusat oleh-oleh jalan raya Trenggalek-Tulungagung Desa Kranding yang jumlahnya ada sekitar 50-an kios," ujarnya.

Istikomah dan Purwanti mengatakan, mereka terpaksa menolak beberapa pesanan pelanggannya karena keterbatasan kemampuan produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper