Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Laut Jokowi Tidak Berhasil? Ini Pengakuan Rizal Ramli

Program Tol Laut Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil. Setidaknya begitu kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Berhasil dalam hal apakah?
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (kanan)/Antara-Rivan Awal Lingga
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (kanan)/Antara-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Program Tol Laut Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil. Setidaknya begitu kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Berhasil dalam hal apakah?

"Menurunkan harga sejumlah barang dan komoditas pokok," kata Rizal, di Jakarta, Senin (30/5/2016).  Pernyataan itu disampaikan dalam rapat koordinasi yang dihadiri Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Dirut PT Pelni Elvien Goentoro, perwakilan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian.

"Manfaatnya sangat besar. Berhasil menurunkan harga barang-barang kebutuhan pokok. Terutama di Indonesia timur," ujarnya. Sebelumnya, perbedaan harga antara Jawa dan luar Jawa jauh sekali. "Di Jawa murah, di sana (luar Jawa) mahal sekali," kata Rizal, yang dikutip ANTARA.

Rizal  mencatat harga barang di Namlea, Kabupaten Buru, Kepulauan Maluku, mengalami penurunan sejak program diluncurkan.  Contohnya, harga beras turun 22%, gula pasir turun 28%, minyak goreng curah turun 15%, tepung terigu turun 19%, daging ayam ras turun 28% dan telur turun hingga 49%. "Harga tripleks,  turun 17% dan semen turun 22%," katanya.

Rizal menambahkan, selain adanya penurunan harga barang dan bahan pokok, tol laut juga berdampak positif pada peningkatan muatan trayek.

"Paling penting, kapal-kapal reguler yang jadi tol laut itu menekan penurunan biaya transportasi angkutan," katanya.

Sejak diluncurkan November 2016, ada enam trayek yang masuk program tol laut yaitu Trayek pertama (T-1) dengan rute Tanjung Perak-Wanci (Wakatobi)-Namlea-Fakfak pulang pergi sejauh 3.426 mil yang saat ini telah dilayani KM Caraka Jaya Niaga 3-32.

  • Trayek T-2 dengan rute Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Dobo-Merauke pulang pergi sejauh 3.874 mil dilayani oleh KM Nusantara Pelangi 101.
  • Trayek T-3 dengan rute Tanjung Perak-Larantuka-Lewoleba-Rote-Sabu-Waingapu pulang pergi sejauh 2.076 mil dilayani oleh KM Caraka Niaga Jaya 3-34.
  • Trayek T-4 dengan rute Tanjung Priok-Makasar-Manokwari-Wasior-Nabire-Serui-Biak pulang pergi sejauh 4.644 mil.
  • Trayek T-5 dengan rute Makassar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Ternate-Babang-Ternate pulang pergi sepanjang 2.608 mil.
  • Terakhir Trayek T-6 dengan rute Tanjung Priok-Tarempa-Natuna pulang pergi sejauh 1.400 mil saat ini telah dilayani Km Caraka Jaya Niaga 3-4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper