Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Pabrik Unilever Raih Sertifikasi Halal

Penerapan sistem jaminan halal pada pabrik dan produk Unilever merupakan komitmen untuk memberikan pilihan kepada konsumen di Indonesia dengan populasi muslim terbanyak.nn

Bisnis.com, JAKARTA - PT Unilever Indonesia telah menerima sertifikasi halal untuk delapan pabnriknya di Indonesia.

Sancoyo Antarikso, Governance and Corporate Affairs Director & Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan Unilever telah mengaplikasikan sistem jaminan halal sejak tahun 1994.

Penerapan sistem jaminan halal pada pabrik dan produk Unilever merupakan komitmen untuk memberikan pilihan kepada konsumen di Indonesia dengan populasi muslim terbanyak.

“Konsumen pun semakin selektif dalam memilih produk, faktor lain seperti label halal kerap menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. Unilever Indonesia ingin memastikan bahwa produk-produknya tidak hanya berkualitas, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh konsumen Indonesia, yang mayoritas beragama Islam,” kata Sancoyo melalui siaran pers, diterima Senin (23/5/2016).

Disebutkan Sancoyo, delapan pabrik Unilever di Indonesia yang sudah memiliki status halal adalah Pabrik Toothpaste, Pabrik Soap Bar, Pabrik Dove, Pabrik Home and Personal Care Liquid, Pabrik Personal Care/ Skin, Pabrik Ice Cream, Pabrik Foods Margarine, dan Pabrik Foods Tea.

“Sementara itu Pabrik Home Care Powder Unilever saat ini masih dalam proses mendapatkan status halal dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2016 ini,” tambah Sancoyo.

Unilever merupakan perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapatkan sertifikasi halal MUI pada tahun 1994.

Untuk mendapatkan Sistem Jaminan Halal dari LPPOM MUI dibutuhkan prosedur panjang dan kompleks yang harus dipenuhi sebuah perusahaan termasuk Unilever Indonesia.

Lebih jauh, dibutuhkan komitmen jangka panjang untuk memenuhi segala prosedur dan persyaratan yang ketat.

Muti Arintawati, Wakil Direktur LPPOM MUI menyatakan, kepatuhan akan unsur halal harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari formula dan bahan baku, suplai bahan baku, proses produksi dan fasilitas, hingga proses distribusi harus memenuhi ketentuan halal yang ditetapkan LPPOM MUI.

“Kami mengapresiasi inisiatif dan komitmen Unilever Indonesia dalam mengupayakan dan menjaga konsistensi jaminan halal setiap pabrik dan produk yang diproduksi demi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumennya,” ungkap Muti.

Endang Saraswati, Senior Personal Care R&D Operation Manager PT Unilever Indonesia Tbk memaparkan bahwa sistem jaminan halal di pabrik dan produk merupakan suatu proses yang membutuhkan komitmen tinggi dari perusahaan.

Terdapat 11 kriteria sistem jaminan halal yang harus dipenuhi, mulai dari perusahaan memiliki kebijakan halal hingga memiliki tinjauan manajemen.

“Dalam pengaplikasiannya, kami juga harus memastikan ribuan bahan yang digunakan dalam produk kami memenuhi standar halal, sampai kepada melakukan pengecekan kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami juga memenuhi persyaratan yang berlaku,” jelas Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper