Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HSBC Naikkan Proyeksi PDB 2016 Menjadi 5%

Pertumbuhan perekonomian Indonesia diprediksi akan kembali menguat pada semester II-2016.

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan perekonomian Indonesia diprediksi akan kembali menguat pada semester II-2016. Lembaga perbankan HSBC optimistis untuk menaikkan proyeksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dari semula 4,7% menjadi 5%.

Ekonom HSBC untuk Asean, Su Sian Lim mengatakan optimisme ini lantaran melihat peningkatan jumlah investasi di Indonesia serta PDB Indonesia pada kuartal I – 2016 yang mencapai 4,9%, di atas rata-rata prosentase PDB Asean sebesar 4,3%.

Hal ini menujukkan bahwa dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya, Indonesia termasuk yang paling tangguh menghadapi situasi global, sama seperti Myanmar, Laos, Vietnam, dan Filipina.

Konsumsi domestik dan adanya pertumbuhan investasi membantu dalam mengimbangi pelemahan perdagangan eksternal sehingga perlambatan pertumbuhan tidak terjadi secara tajam.

“Fundamental Indonesia juga terbilang tangguh sehingga mampu menarik arus masuk modal secara kuat,” kata dia dalam acara HSBC Economic Outlook 2016 bertajuk “Asean Economic Community-Indonesia to Punch Above Its Weight” di Jakarta, Kamis (12/5).

Namun, menurut Su Sian, Indonesia harus melakukan reformasi untuk menarik lebih banyak investasi, misalnya dengan memperlonggar aturan, mendorong usaha kecil dan menengah, serta mempercepat pembangunan infrastruktur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper