Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Impor Ikan Dikaji

Pemerintah tengah mengkaji sejumlah pelabuhan ikan yang bakal dibangun fasilitas agar bisa digunakan untuk impor ikan.
Ilustrasi-Perikanan/Antara-Ampelsa
Ilustrasi-Perikanan/Antara-Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah mengkaji sejumlah pelabuhan ikan yang bakal dibangun fasilitas agar bisa digunakan untuk impor ikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan semua pelabuhan ikan saat ini sudah bisa digunakan untuk ekspor ikan.

Namun, lanjutnya, dalam pertemuan dengan Menteri Koordinatir Kemaritiman serta Menteri Perhubungan beberapa waktu dibahas soal opsi pelabuhan mana yang bakal dibuka untuk ekspor dan impor ikan.

"Yang kemarin dibahas itu, pelabuhan dibuka untuk ekspor dan impor. Itu yang masih dikaji," katanya di Kompleks Istana Negara, Selasa (10/5/2016).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan memang pengkajian soal pelabuhan yang bakal dibuka untuk impor tersebut masih dalam kajian.

"Iya untuk impor, agar ada fasilitasnya. Tapi ini masih dikaji. Pada waktunya akan saya omongkan," katanya.

Sebelumnya, Rizal mengungkapkan penambahan sejumlah pelabuhan ikan internasional bertujuan untuk menyeimbangkan permintaan dan pasokan sehingga bisa mengkerek harga ikan di pasar domestik.

Kala itu, dia mengungkapkan upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memerangi illegal fishing memberikan dampak yang bagus.

Dia mencontohkan di Sibolga, Sumatra Utara, penangkapan ikan naik dari 200 ton per hari menjadi 400 ton per hari. Penaikan jumlah tangkapan, lanjutnya, juga terjadi di kawasan Indonesia timur.

"Akibatnya pasokan ikan kita melimpah sehingga harganya turun. Kasihan juga nelayan kalau seperti ini," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengadakan pertemuan dengan melibatkan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Bea Cukai.

Pasalnya, dia menilai pemerintah perlu menyiapkan sejumlah pelabuhan agar bisa menjadi pelabuhan ekspor ikan internasional.

Menurutnya, ekspor ikan segar saat ini masih melalui pintu keluar pelabuhan di Bali, Surabaya dan Jakarta sehingga bagi sejumlah wilayah lainnya akan memerlukan waktu lebih lama dan ongkos yang lebih mahal.

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar masyarakat mengubah budaya dengan mengkonsumsi ikan segar.

Upaya tersebut, lanjut Rizal, diharapkan bisa meningkatkan ekspor ikan dan menumbuhkan permintaan ikan di dalam negeri supaya harga lebih baik dan nelayan pun bisa lebih baik lagi.

Hanya saja, pihaknya belum bisa menentukan berapa jumlah pelabuhan yang akan ditambah dan belum menentukan titik mana saja untuk penambahan pelabuhan ekspor ikan.

Pihaknya masih memerlukan satu kali lagi rapat teknis untuk membahas bersama dengan Menteri Hukum dan HAM, Imigrasi, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan dan Bea Cukai.

"Satu kali [rapat] lagi kita akan putuskan pelabuhan-pelabuhan mana saja yang bisa ekspor langsung," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper