Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko Maritim Minta KKP dan Kemenhub Bangun Pelabuhan Ekspor

Kemenkop dan Sumbe daya merencanakan membangun sejumlah pelabuhan ekspor
Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli/Antara
Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli/Antara
Bisnis.com, JAKARTA Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya berencana membangun sejumlah pelabuhan ekspor serta peningkatan infrastruktur penunjang industri perikanan di kawasan pesisir dan mneurunkan harga bahan pokok di kawasan Indonesia Timur.
 
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan guna menurunkan angka illegal fishing perlu ada sinergi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Kementerian Perhubungan. Hal ini terutama adanya sejumlah temuan akan penurunan angka tangkapan ikan misalnya di Sibolga, Sumatera Utara yang biasanya satu hari mendapatkan 400 ikan kini menjadi 200 ikan per hari.
 
"Supaya ekspor ikan legal dari Indonesia bisa ditingkatkan, setelah kami menganalisa ada masalah di daerah-daerah penghasil ikan karena tidak ada regular ship dan tidak ada kontainer khusus sehingga rata-rata sulit kalau mau ekspor, mesti dibawa ke Surabaya dulu, ke Bali dulu, dan Medan sehingga kami putuskan membuka pelabuhan baru supaya ekspor meningkat," terang Rizal di Gedung Pengkajian Penerapan Teknologi, Selasa (3/5/2016).
 
Pasalnya dengan kebijakan tersebut juga harus mencakup pelabuhan impor. Menurutnya, jika hanya untuk ekspor, ada barangnya sementara pulangnya kontainernya kosong. Kemenko Maritim akan mereview karena di setiap lokasi yang dibuka dengan custome dari bea dan cukai, imigrasi, dan karantina (CIQ).
 
"Kami akan lakukan rapat lanjutan dengan Menteri Perdagangan juga Menteri Hukum dan HAM supaya disiapkan CIT untuk peningkatan ekspor Indonesia supaya harga ikan naik dan nelayan lebih sejahtera. Kedua, itu akan membantu kalau kita buka pelabuhan di Indonesia Timur maka harga kebutuhan pokok dan dasar akan turun harganya,"jelas Rizal lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper