Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelaku Industri Maritim Gagas Sistem Daring Logistik

Pelaku industri kemaritiman Tanah Air akan membangun sistem informasi berbasis daring atau online dalam menunjang operasional lintas sektor.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 22 April 2016  |  13:54 WIB
Pelaku Industri Maritim Gagas Sistem Daring Logistik
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Pelaku industri kemaritiman Tanah Air akan membangun sistem informasi berbasis daring atau online dalam menunjang operasional lintas sektor.

Ketua Asosiasi Logisitik dan  Forwarder Indonesia (ALFI) Sulsel, Syaifuddin Saharuddi, mengatakan pengembangan sistem informasi online itu telah menjadi salah satu poin utama pembahasan pelaku usaha dalam rembuk nasional kemaritiman di Balikpapan.

Menurutnya, pengembangan sistem inforasi lintas sektor dalam kerangka industri kemaritiman itu dinilai mampu menjadi katalis dalam peningkatan kapasitas bisnis dan pemangkasan ongkos logisitik di Tanah Air.

"Paling tidak jika ini telah terealisasi [sistem informasi daring], koordinasi antarpelaku industri kemaritiman dan logisitk bisa lebih optimal sehingga satu permaslahan bisa teratasi," katanya, Jumat (22/4/2016).

Di sisi lain, pelaku usaha lintas sektor dalam kerangka industri kemaritiman juga mendorong pemerintah agar lebih agresif pengembangan fasilitas penunjang disertai dengan relaksasi sejumlah regulasi yang dinilai memberatkan.

Adapun serangkaian langkah strategis itu dihasilkan dalam Rembuk Nasional Maritim yang diselenggarakan oleh asosasi lintas kepelabuhanan yang meliputi INSA, APBM serta ALFI.

"Pelaku usaha sendiri kita akan bangun sistem informasi daring, sedangkan untuk infrastruktur dan regulasi kita harap segera dioptimalkan pemerintah," papar Syaifuddin.

Khusus pembangunan sistem informasi daring asosiasi lintas kepelabuhanan, lanjutnya, sudah dalam tahap finalisasi dengan melibatkan pelaku industri kemaritiman sehingga lebih otpimal.

"Gagasan ini dari teman-teman stakeholder maritim di Makassar, kita harap agar ada keterlibatan langsung daerah atau kota lain agar cakupannya lebih luas, nusantara secara keseluruhan.".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alfi industri logistik industri maritim
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top