Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Logistik Lakukan Uji Coba Pemberangkatan KA Pelabuhan

PT KAI Logisitik lakukan uji coba pemberangkatan kereta api relasi stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT) Cikarang Dry Port guna mengevaluasi kelancaran operasionalnya.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 09 April 2016  |  02:00 WIB
Kereta api kontainer - Antara
Kereta api kontainer - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT KAI Logisitik lakukan uji coba pemberangkatan kereta api relasi stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT) – Cikarang Dry Port guna mengevaluasi kelancaran operasionalnya.

Vice President Container PT KAI Logistik (KALOG) Ram menuturkan, uji coba pemberangkatan kereta api dengan samformasi 30 gerbong datar atau setara 60 twenty-foot equivalent units (TEUs) tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan hingga 12 April 2016. “Sebelum diresmikan oleh RI-1 dalam waktu dekat,” Kata Ram dalam siaran pers PT KALOG, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Dia menambahkan, dalam uji coba pemberangkatannya, kereta api tersebut mengangkut 34 TEUs kontainer impor dari pelabuhan Tanjung Priok yang terdiri dari 16 box kontaier sepanjang 20 kaki (feet) dan 9 box kontainer dengan ukuran 40 kaki.

Uji coba tersebut disaksikan oleh perwakilan Kementerian Kordinator Kemaritiman, PT KAI, PT KALOG, PT KAPM, dan KPU Bea Cukai Tanjung Priok. Mereka, masih dalam keterangan perusahaan, berkesempatan meninjau kegiatan mulai dari loading kontainer ke atas gerbong datar hingga pemberangkatan rangkaian di stasiun JICT.

Terkait dengan KA Pelabuhan tersebut, pada 10 Maret 2016 silam, General Manager of Marketing & Communication PT Kawan Lama Sejahtera – Induk PT Ace Hardware Indonesia Tbk., Teresa Wibowo menuturkan akan banyak membantu perusahaan mengingat distribusi perusahaan berada di kawasan Jababeka. “Yang hanya berjarak kurang dari 10 km [kilometer],” katanya.

Dia menambahkan, kereta tersebut akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena dapat membuat pengiriman lebih cepat mengingat saat ini pengiriman menggunakan jasa moda transportasi truk minimal bisa menghabiskan waktu setengah hari.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PT Kalog
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top