Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Logistik Lakukan Uji Coba Pemberangkatan KA Pelabuhan

PT KAI Logisitik lakukan uji coba pemberangkatan kereta api relasi stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT) Cikarang Dry Port guna mengevaluasi kelancaran operasionalnya.
Kereta api kontainer/Antara
Kereta api kontainer/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT KAI Logisitik lakukan uji coba pemberangkatan kereta api relasi stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT) – Cikarang Dry Port guna mengevaluasi kelancaran operasionalnya.

Vice President Container PT KAI Logistik (KALOG) Ram menuturkan, uji coba pemberangkatan kereta api dengan samformasi 30 gerbong datar atau setara 60 twenty-foot equivalent units (TEUs) tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan hingga 12 April 2016. “Sebelum diresmikan oleh RI-1 dalam waktu dekat,” Kata Ram dalam siaran pers PT KALOG, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Dia menambahkan, dalam uji coba pemberangkatannya, kereta api tersebut mengangkut 34 TEUs kontainer impor dari pelabuhan Tanjung Priok yang terdiri dari 16 box kontaier sepanjang 20 kaki (feet) dan 9 box kontainer dengan ukuran 40 kaki.

Uji coba tersebut disaksikan oleh perwakilan Kementerian Kordinator Kemaritiman, PT KAI, PT KALOG, PT KAPM, dan KPU Bea Cukai Tanjung Priok. Mereka, masih dalam keterangan perusahaan, berkesempatan meninjau kegiatan mulai dari loading kontainer ke atas gerbong datar hingga pemberangkatan rangkaian di stasiun JICT.

Terkait dengan KA Pelabuhan tersebut, pada 10 Maret 2016 silam, General Manager of Marketing & Communication PT Kawan Lama Sejahtera – Induk PT Ace Hardware Indonesia Tbk., Teresa Wibowo menuturkan akan banyak membantu perusahaan mengingat distribusi perusahaan berada di kawasan Jababeka. “Yang hanya berjarak kurang dari 10 km [kilometer],” katanya.

Dia menambahkan, kereta tersebut akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena dapat membuat pengiriman lebih cepat mengingat saat ini pengiriman menggunakan jasa moda transportasi truk minimal bisa menghabiskan waktu setengah hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper