Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Krisis Listrik, 10 Genset Tiba di Kepulauan Nias

Sebanyak 10 genset dengan total daya mampu sebesar 1.296 kW tiba di PLN Area Gunung Sitoli, Kepulauan Nias. Empat genset tiba Sabtu pagi (9/4) dan enam lainnya tiba pada Jumat pagi (8/4/2016).
Pemadaman listrik terjadi di Kepulauan Nias sejak Jumat malam (1/4/2016).
Pemadaman listrik terjadi di Kepulauan Nias sejak Jumat malam (1/4/2016).

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 10 genset dengan total daya mampu sebesar 1.296 kW tiba di PLN Area Gunung Sitoli, Kepulauan Nias. Empat genset tiba Sabtu pagi (9/4) dan enam lainnya tiba pada Jumat pagi (8/4/2016).

Setelah melalui perjalanan darat dan laut, genset-genset ini akan diperiksa terlebih dahulu baru siap menyuplai kebutuhan pelanggan umum di Nias. Dengan tambahan 1.296 kW, total daya mampu Pulau Nias menjadi 8,648 MW.

Sebanyak 10 genset ini berasal dari PLN Wilayah Sumatera Barat (4x80 kW), Gardu Induk Sidempuan (1x240 kW dan 1x88 kW), GI Binjai (1×240 kW), GI Payakumbuh (1×240 kW), GI Siantar (1×88kW), dan PLN Area Dumai (80 kW). Kesepuluh genset akan digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik Nias, baik ke pelanggan umum maupun sosial.

Senior Manager Public Relations Agung Murdifi meminta agar pelanggan dapat bersabar, mengingat masih terbatasnya pasokan listrik, genset untuk pelanggan umum dinyalakan pada pukul 08.00 – 12.00 WIB dan pukul 17.00 – 23.00 WIB.

“Sebanyak 10 genset sudah tiba dan akan digunakan untuk memasok kebutuhan listrik di Nias. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami harap pelanggan dapat bersabar, karena kami juga sedang melakukan segala upaya agar dapat memenuhi kebutuhan listrik di Nias secepatnya,” ungkap Agung melalui rilisnya, Sabtu (9/4/2016).

Kedatangan 10 genset ini turut menambah daya mampu di Pulau Nias menjadi sekitar 8,648 MW. Daya mampu ini juga dipasok dari PLTD Moawo (1,8 MW), PLTD Teluk Dalam (4,2 MW), dan 22 unit genset tambahan yang berasal dari Sumatera Utara dan Nias.

Sebanyak 22 unit genset ini diutamakan untuk menyuplai tempat-tempat pelayanan masyarakat, seperti kantor PDAM, Kantor Pengadilan dan Kejaksaan, Kantor Polres, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), rumah sakit, sekolah, dan Kantor Pemerintah.

Untuk menambah pasokan listrik ke masyarakat, PLN akan memobilisasi genset dari kantor-kantor pemerintahan yang libur pada Sabtu dan Minggu. Genset ini akan dialokasikan ke trafo pelanggan umum dan pelanggan sosial mulai Jumat pukul 16.00 WIB hingga Minggu pukul 21.00 WIB.

Terkait dengan 12 MW mesin genset yang dikirim dari Langsa, Aceh, saat ini masih dalam perjalanan menuju Sibolga. Sebanyak 16 unit mesin yang dibawa oleh 23 kontainer ini rencananya akan ditempatkan di Desa Idanoi, Gunung Sitoli, Kepulauan Nias. Saat ini, PLN tengah menyiapkan lahan di Idanoi agar mesin genset dapat segera beroperasi.

“Saat ini lahan untuk mesin genset 12 MW masih diratakan dengan sirtu (pasir-batu). Progres perataan tanah berlangsung relatif cepat. Kemarin mesin dozer yang digunakan untuk meratakan tanah sempat rusak, sehingga prosesnya terhambat. Meski begitu, kami terus melakukan berbagai cara agar lahan siap ketika mesin genset tiba,” jelas Agung.

Seperti diketahui sebelumnya, pemadaman listrik terjadi di Kepulauan Nias terjadi sejak Jumat malam (1/4/2016).

Hal ini terjadi karena dua PLTD Sewa 2 x 10 MW di Moawo berhenti beroperasi dikarenakan penyedia jasa sewa PLTD Nias melakukan pemutusan sepihak secara tiba-tiba, yakni 2 hari sebelumnya. Sementara dalam kontrak, pemberitahuan pemutusan kerjasama dilakukan selambat-lambatnya 2 bulan sebelum jatuh tempo.

Menghadapi kondisi ini, PLN bergerak cepat mengerahkan segala upaya untuk memperkuat pasokan listrik di Kepulauan Nias. Ke depannya, PLN bersama PLN Batam B’Right sebagai IPP (Independent Power Producer) akan membangun Pusat Listrik Mesin Gas (PLTMG) 25.000 kV di Desa Idanoi, Gunung Sitoli. Dengan upaya ini, diharapkan kondisi kelistrikan di Nias bias terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper