Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI: Konsumen Pesimistis Penghasilan & Lapangan Kerja

Kendati Survei Konsumen Bank Indonesia melaporkan konsumen masih pada level optimistis, namun ada kecenderungan penurunan Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE), khususnya melemahnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 05 April 2016  |  18:23 WIB
Kantor Bank Indonesia - Reuters/Darren Whiteside
Kantor Bank Indonesia - Reuters/Darren Whiteside
Bisnis.com, JAKARTA--Kendati Survei Konsumen Bank Indonesia melaporkan konsumen masih pada level optimistis, namun ada kecenderungan penurunan Indeks
 
Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE), khususnya melemahnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja.
 
Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Maret 2016 adalah sebesar 109,8 atau optimis, meski menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 110,0.
 
Sementara itu, penurunan IKE terjadi pada 12 kota yang disurvei dengan tingkatan penurunan terbesar terjadi di Banjarmasin dan Banten.
 
"Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga yang meningkat pada Juni 2016," tulis laman resmi BI, Selasa (5/4/2016).
 
Tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi utamanya pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan meningkatnya permintaan selama bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri.
 
Secara regional, persepsi kenaikan harga terjadi di Mataram dan DKI Jakarta.
 
Untuk kondisi 6 bulan mendatang atau September 2016, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya.
 
"Sementara itu, kenaikan jumlah pinjaman 6 bulan yang akan datang juga diperkirakan tidak setinggi bulan sebelumnya," tutup rilis BI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapangan kerja survei bi
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top