Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Kapuas Tayan Diresmikan Jadi Jembatan Pak Kasih

Atas usulan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis Presiden RI Joko Widodo menamai Jembatan Kapuas Tayan yang berada di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat menjadi Jembatan Pak Kasih.
Jembatan Tayan: Foto saat pemasangan struktur baja lengkung Jembatan Tayan./pu.kalbarprov.go.id
Jembatan Tayan: Foto saat pemasangan struktur baja lengkung Jembatan Tayan./pu.kalbarprov.go.id

Bisnis.com, JAtas usulan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis Presiden RI Joko Widodo menamai Jembatan Kapuas Tayan yang berada di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat menjadi Jembatan Pak Kasih.

"Tadi Gubernur mengusulkan namanya Jembatan Pak Kasih, kalau ini memang usulan masyarakat yang ditampung pak gubernur, saya setuju, dengan mengucap Bismillah maka jembatan Pak Kasih di Tayan ini resmi beroperasi pada sore ini," kata Jokowi saat meresmikan pengoperasian jembatan Pak Kasih, Selasa (22/3).
 
Adapun nama Pak Kasih yang menjadi nama jembatan tersebut merupakan seorang pahlawan asal Sampit yang berjuang melawan Belanda.
 
Lebih lanjut Jokowi merasa senang atas pengerjaan yang begitu cepat dilakukan
 
Secara terpisah Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan jembatan ini memiliki panjang 1.650 meter dan terdiri dari dua bentang yaitu Jembatan I sepanjang 430 meter dan Jembatan II sepanjang 1.220 meter.
 
Selain pembangunan Jembatan Pak Kasih, dibangun juga jalan akses dengan total panjang 3,72 kilometer yang terdiri dari jalan akses utara sepanjang 0,9 kilometer, jalan pulau sepanjang 0,32 kilometer, serta jalan akses selatan sepanjang 2,5 kilometer.
 
Basuki menyatakan Jembatan tersebut (Pak Kasih) merupakan jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan. Jembatan tersebut menghubungkan Poros Selatan Trans Kalimantan yaitu Kalimantan Timur-Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah-Kalimantan Barat yang terputus oleh Sungai Kapuas di Kecamatan Tayan Hilir.
 
Basuki menjelaskan jembatan itu memiliki lebar 11,5 meter dengan tinggi bebas jembatan sekitar 13 meter dari permukaan air banjir. Tinggi ini ditentukan berdasarkan perhitungan terhadap air pasang dan surut sehingga tidak akan mengganggu lalu lintas air karena Sungai Kapuas sebagai salah satu nadi transportasi masyarakat Kalimantan Barat.
 
Adapun total biaya yang digelontorkan untuk konstrusi jembatan dan jalan akses ini sebesar Rp 1,028 triliun.Dengan perawatan yang diatur oleh standar yang berlaku, maka jembatan khusus non standar ini dirancang agar mampu bertahan hingga 100 tahun
 
Hadirnya jembatan yang telah dibangun sejak 2011 ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, menghemat waktu dan biaya penyeberangan, sehingga dapat memberi manfaat langsung untuk masyarakat, pengusaha, dan industri di sekitarnya, ujar Basuki berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip Bisnis Selasa (22/3)
 
Presiden menyampaikan pembangunan jembatan Pak Kasih menjadi salah satu kegiatan penting untuk mendukung ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan di Kalimantan khususnya Trans Kalimantan, termasuk perbatasan Indonesia-Malaysia dan menjadi salah satu prioritas agenda pembangunan dari pinggiran yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper