Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Targetkan Konstruksi 30 Waduk Tuntas 2019

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan 30 waduk yang tengah berjalan dapat tuntas pada 2019 mendatang. Waduk tersebut merupakan akumulasi dari program pembangunan 49 waduk pada pemerintahan JokowiJusuf Kalla dan juga pembangunan waduk yang telah dicanangkan pada masa pemerintahan sebelumnya.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan 30 waduk yang tengah berjalan dapat tuntas pada 2019 mendatang. Waduk tersebut merupakan akumulasi dari program pembangunan 49 waduk pada pemerintahan Jokowi—Jusuf Kalla dan juga pembangunan waduk yang telah dicanangkan pada masa pemerintahan sebelumnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mudjiadi mengungkapkan pada periode 2014-2019, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mempunyai program pembangunan 49 waduk baru. Selain itu juga masih berlangsung pembangunan 16 waduk yang belum selesai dari periselain itu juga melanjutkan pembangunan 16 waduk yang belum selesai, jadi total waduk yang dikerjakan adalah 65 waduk.

"Program presiden Jokowi itu kan untuk 5 tahun ini melaksanakan pembangunan 49 waduk,  sebelum itu kita punya 16 yang on going, jadi total sampai 2019 itu kita akan melaksanakan 65 waduk, nah diperkirakan sebanyak 29-30 waduk akan diselesaikan pada periode (2014-2019__red) tersebut, sisanya diperkirakan selesai 2021-2022, kan rata-rata pembangunan waduk itu 3-5 tahun ," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Senin (14/03).

Adapun hingga saat ini, ujarnya,  sebanyak 6 waduk telah diselesaikan konstruksinya, yaitu waduk Nipah di Madura, Bajulmati di Banyuwangi, Titab di Bali, Jatigede di Sumedang, Rajui di Aceh dan Pandan Duri di Nusa Tenggara Barat. Sementara pada  2017, pihaknya memperkirakan  ada beberapa waduk yang juga rampung pengerjaannya, yaitu waduk Gondang dan Logung di Jawa Tengah dan Teritip di Kalimantan Timur.

Dari 65 waduk yang tengah dikerjakan,  sebanyak 49 d iantaranya dibangun pada periode 2014-2019. Dari jumlah tersebut telah dimulai di tahun 2015 sebanyak 13 waduk yaitu Keureto (Aceh), Seigong (Kepulauan Riau), Karian (Banten), Logung di (Jawa Tengah), Telaga Waja (Bali), Tapin  (Kalimantan Selatan), Passeloreng (Sulawesi Selatan), Lolak (Sulawesi Utara), Raknamo dan Rotiklod (NTT), Tanju, Mila dan Bintang Bano (NTB).

Adapun pada tahun ini, pemerintah akan membangun  8 waduk, yaitu, Waduk Rukoh (Aceh), Sukaraja (Lampung), Sukamahi, Ciawi, Cipanas (Jabar), Keris, Ladongi (Sulteng) dan Kuwil (Sultra).

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper