Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Kuasai Pasar Furniture

Pengembangan desain menjadi kunci utama agar produk furnitur Indonesia mampu bersaing di pasar global.
Furnitur/ilustrasi
Furnitur/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan desain menjadi kunci utama agar produk furnitur Indonesia mampu bersaing di pasar global.

Rina Renvile salah satu perwakilan dari Indonesia Desainer menilai bahwa seharusnya para pelaku industri di Indonesia tidak hanya melihat pasar dan harga yang murah tetapi melihat nilai yang lain dalam sebuah produk.

“Desain merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah produk furniture. Desain yang unik, kreatif, dan kental dengan nuansa lokal menjadi daya tarik yang banyak dicari konsumen dalam dan luar negeri,” kata Rina dalam acara “Reimagining Craft & Design in Asia”, IFEX 2016  Sabtu (12/3/2016).

Menurutnya, kekayaan alam yang begitu luas bisa menjadi sumber inspirasi tanpa batas bagi para desainer yang berani berinovasi dan berkreasi demi menciptakan produk yang fenomenal.

Lebih lanjut, Rina menyebut, adanya pengembangan desain dengan konsep baru merupakan suatu keniscayaan saat ini. Era teknologi digital dan modern merupakan masa yang tak terelakkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat melihat visi dan posisi craftsmanship, sebagai sektor ungulan penghasil produk kerajinan dan mebel yang dibuat di negara-negara Asia.

“Indonesia sendiri memiliki begitu banyak desainer bertalenta luar biasa yang kami yakin bisa menembus pasar dunia,” ujar Rina.

Sementara itu, Trend Researcher BDA Design Tri Anugrah menyebutkan tren produk yang berkembang dapat membantu para pelaku usaha untuk menghasilkan ide-ide dalam berkarya. DNA dari tren Asia Tenggara adalah pemanfaatan inovasi dengan menggunakan material lokal dan kegeniusan lokal.

“Tren itu bukan hanya sekedar ikut-ikutan,” kata Tri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper