Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

11 Perusahaan Dapat Fasilitas PLB

Sebanyak 11 perusahaan mendapat fasilitas sebagai Pusat Logistik Berikat (PLB) yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo/Reuters-Yuri Gripas
Presiden Joko Widodo/Reuters-Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 11 perusahaan mendapat fasilitas sebagai Pusat Logistik Berikat (PLB) yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi secara simbolis meresmikan beroperasinya Pusat Logistik Berikat (PLB) di kawasan industri Cipta Krida Bahari, Cakung, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016).

Pada kesempatan itu sebanyak 11 perusahaan mendapat fasilitas PLB yakni PT Cipta Krida Bahari Cakung, PT Petrosea Tbk Balikpapan, PT Pelabuhan Panajam (Eastkal-Astra Group) Balikpapan, PT Kamadjaja Logistics Cibitung, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Karawang, PT Agility International Halim dan Pondok Ungu, PT Gerbang Teknologi Cikarang (Cikarang Dry Port), dan PT Dunia Express Sunter dan Karawang.

Kemudian PT Khrisna Cargo Benoa dan Denpasar, PT Vopak Terminal Merak, dan PT Dahana (Persero) Subang.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro saat memberikan laporan dalam acara itu mengatakan keberadaan PLB merupakan realisasi Paket Kebijakan Jilid II yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2015.

Payung hukum untuk PLB juga telah terbit yakni Peraturan Pemerintah nomor 85 Tahun 2015 tentang Perubahan atas PP Nomor 32 Tahun 2019 Tentang Tempat Penimbunan Berikat serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 272/PMK.04/2015 tentang Pusat Logistik Berikat.

"Pusat Logistik Asia Tenggara kebanyakan di Malaysia dan Singapura padahal permintaan barang banyaknya dari Indonesia. Sehingga yang terjadi adalah kapanpun pabrik di Indonesia butuh barang modal maka mereka harus memintanya dari pusat logistik yang ada di Singapura atau Malaysia," katanya.

Oleh karena itu pihaknya melihat jika ada permintaan banyak di Indonesia maka pusat logistik harus didekatkan sehingga dikeluarkan paket baru yakni PLB.

"Perbedaan dengan gudang berikat kalau gudang berikat toko kecil, toko kain spesialis, maka PLB semacam supermarketnya. Jadi dia bisa menampung barang milik orang lain," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper