WIRAUSAHA MUDA MANDIRI 2015: Inilah 24 Pebisnis Potensial

PT Bank Mandiri Tbk melalui ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2015 telah melahirkan 24 pebisnis potensial yang diharapkan mampu memperkuat ekosistem kewirausahaan nasional.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Maret 2016  |  18:43 WIB
WIRAUSAHA MUDA MANDIRI 2015: Inilah 24 Pebisnis Potensial
PT Bank Mandiri Tbk melalui ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2015 telah melahirkan 24 pebisnis potensial yang diharapkan mampu memperkuat ekosistem kewirausahaan nasional. - Bisnis

Bisnis.com, YOGYAKARTA -  PT Bank Mandiri Tbk melalui ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2015 telah melahirkan 24 pebisnis potensial yang diharapkan mampu memperkuat ekosistem kewirausahaan nasional.

Ke-24 pemenang tersebut mendapatkan penghargaan langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin di Gedung Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (8/3/2016).

Para pemenang kali ini merupakan hasil seleksi dari 90 finalis yang juga menyisihkan 6.572 peserta Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dalam lima kategori, yakni kategori bidang usaha boga, bidang usaha industri, jasa dan perdagangan, bidang usaha kreatif, bidang usaha sosial dan bidang usaha teknologi.

Menteri Puspayoga saat memberikan sambutan dalam acara penganugerahan itu mengatakan Indonesia masih perlu mencetak lebih banyak wirausaha-wirausaha yang mandiri khususnya sosial karena saat ini level wirausaha baru mencapai 1,65 persen dari total 250 juta penduduk.

"Kita masih (tertinggal) jauh kalau dibandingkan dengan Singapura, mereka sudah 7 persen. Kita masih harus mencetak banyak wirausaha-wirausaha muda yang mandiri," kata Menteri Puspayoga.

Pihak kementerian, menurut Puspayoga, mendukung penuh program Wirausaha Muda Mandiri tersebut karena membantu meningkatkan kesejahteraan dan dibutuhkan untuk mencapai target penurunan gini rasio menjadi 0,36 persen pada tahun ini.

"Harapan saya agar Bank Mandiri, ayo ke depan kita cetak wirausaha-wirausaha yang mempunyai visi 'social entrepreneur'. Yang namanya 'social technopreneur' maksudnya wirausaha-wirausaha yang mampu menyelesaikan permasalahan sosial dengan cara bisnis berbasis IT," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin mengatakan melalui program Wirausaha Muda Mandiri, Bank Mandiri berharap dapat semakin mampu menciptakan komunitas-komunitas wirausaha muda yang akan memperkaya ekosistem kewirausahaan yang ada di Tanah Air agar dapat secara optimal mendukung pertumbuhan ekonomi dan penguatan daya saing nasional.

"Harapannya, langkah kami ini juga akan menginspirasi pemangku kepentingan lain untuk terus memperkuat ekosistem kewirausahaan melalui aktivitas-aktivitas yang disesuaikan dengan karakter setiap pemangku kepentingan," kata dia.

Empat aspek Mengutip hasil laporan Mandiri Institute, Budi mengatakan, ada empat aspek yang harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan dalam memperkuat ekosistem kewirasuhaan, yakni kebijakan dan regulasi pemerintah, program-program khusus pemerintah, pengembangan dan penelitian (Litbang) serta pembiayaan.

"Sebagai bagian dari industri perbankan, Bank Mandiri akan terus mengembangkan program WMM, seperti misalnya melalui pelaksanaan penganugerahan pemenang WMM nasional di wilayah-wilayah agar program ini dapat semakin bermanfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia," kata Budi.

Ke-24 pemenang WMM tersebut memperoleh penghargaan berupa sertifikat, trofi serta menerima uang pembinaan senilai Rp50 juta untuk masing-masing juara 1 dan Rp40 juta untuk setiap juara 2, serta Rp160 juta untuk juara "best of the best" dan juara favorit.

Di samping uang pembinaan, para pemenang juga akan memperoleh bantuan pengembangan bisnis serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran.

Pada program WMM kelompok Mahasiswa, tampil sebagai pemenang I Kategori Industri, Perdagangan dan Jasa adalah Roni Lahanda (UD Zainista) dan pemenang II adalah Alfian Pamungkas (PT Cloud Hosting Indonesia).

Untuk pemenang I Kategori Boga diberikan kepada Nova Aditya Prambudi (Djava Sukses Abadi) dan pemenang II diberikan kepada Fajar Maulana Fahrizal (Jayss Ramen). Sementara untuk pemenang I Kategori Industri Kreatif diberikan kepada Yasa Paramita Singgih (Men's Republic), dan pemenang II diberikan Faldi Adisajana (Planter Craft).

Selanjutnya, untuk kategori usaha sosial, pemenang I diberikan kepada Paundra Noorbaskoro (Maticgator) dan pemenang II diberikan Taufik Hidayat (Vila Mushroom Agrifarm).

Di program WMM kelompok Alumni dan Pasca Sarjana, tampil sebagai pemenang I Kategori Industri, Perdagangan dan Jasa adalah Innayah Nurlia Roza (Bos Pengering) dan pemenang II adalah Syamsuria Syamsuddin (Sekolah Kru Kapal Pesiar Duta Samudera Indonesia).

Untuk pemenang I Kategori Boga diberikan kepada Moch Rahman Adi (Kebab Kebudd) dan pemenang II diberikan kepada Amelia Herlinda Devita (Denu Cokelat).

Sementara untuk pemenang I Kategori Industri Kreatif diberikan kepada Harry Anugrah Mawardi (Amygdala) dan pemenang II Kategori Industri Kreatif diberikan Rizal Kasim (Ceraproduction).

Di kategori usaha sosial, pemenang I diberikan kepada Hijrah Purnama Putra (Butik Daur Ulang), dan pemenang II diberikan Yeni Dwi Fitriana (Pembinaan pemuda desa Temas dengan basis tanaman organik).

Untuk kategori usaha teknologi digital , pemenang 1 diberikan kepada Waliamien Syeichyanuar (Bulp) dan pemenang kedua kepada Rizal Panji Islami (Sasbuzz).

Kemudian, untuk kategori usaha teknologi non digital , pemenang I diberikan kepada Dede Miftahul Anwar (Saung Pengisian Bahan Bakar Hidrogen CV Teknologi Energon) dan pemenang II diberikan kepada Amrul Chairwathon Asofa (Bulp) dan pemenang kedua kepada Moch Machrus Adhim (spin dry hard).

Di kategori khusus, predikat Best Prototipe diberikan kepada Firly Istiyanti Savitri (ilmuwan Muda Indonesia). Pada kategori Best of The Best, tampil sebagai juara I Harry Anugrah Mawardi (Amygdala) dan juara II Innayah Nurlia Roza (Bos Pengering).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wirausaha, bank mandiri

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top