Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Pelindo III Terhubung Online Mulai 2018

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menargetkan mulai 1 Januari 2018 sudah mulai mengoperasikan manajemen kepelabuhanan berbasis teknologi informasi secara menyeluruh.

Bisnis.com, SURABAYA—PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menargetkan mulai 1 Januari 2018 sudah mulai mengoperasikan manajemen kepelabuhanan berbasis teknologi informasi secara menyeluruh.

 

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan dirinya menginginkan seluruh pelabuhan yang dikelola perseroan beroperasi sebagai full handling terminal. Adapun strategi yang dipakai salah satunya dengan transformasi teknologi atau full information and communication technology based system.

 

“Seluruh aplikasi untuk manajemen berbasis teknologi informasi ini kami targetkan 1 Januari 2018 sudah jadi. Ini sudah terjadi integrasi aplikasi front end dan back end,” tuturnya di sela jumpa pers, di Surabaya, Jumat (4/3/2016).

 

Front end dan back end meliputi aplikasi yang berbeda. Berdasarkan master plan pengembangan teknologi informasi Pelindo III, front end mencakup aplikasi peti kemas, nonpeti kemas, dan jasa pelayanan kapal. Adapun back end mencakup aplikasi ERP produk dari SAP (sistem yang mengintegrasikan berbagai bagian dari proses bisnis).

 

Untuk front end khususnya aplikasi peti kemas namanya Spiner akan diterapkan di berbagai pelabuhan untuk meningkatkan bongkar muat dengan peti kemas secara lebih efisien. Pelabuhan yang dimaksud ialah tanjung Perak, Lembar, Benoa, Kumai, Sampit, Bima, Maumere, Batulicin, Waingapu, Ende, Kalabahi, Bumiharjo, dan Badas.

 

Sementara untuk aplikasi bongkar muat nonpeti kemas dinamai Gen-C dan pelayanan jasa kapal akan diterapkan hampir di seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo III mulai Juni 2016. “Penerapan tiga aplikasi ini akan menghubungkan antarpelabuhan, sehingga proses bisnis lebih efisien,” ujar Djarwo.

 

Khusus untuk aplikasi back end ERP (enterprise resources planning) produk dari SAP (Systems, Application, and Products in Data Processing) ada delapan modul yang akan diaplikasikan, di antaranya human capital management untuk pengelolaan SDM. Ada pula Finance and Controlling untuk mengelola seluruh aktivitas keuangan mulai dari laporan keuangan sampai laporan manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper